Sukses

11 April: Hari Kanker Tulang

Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang jarang terjadi. Meskipun angka kasusnya jarang terjadi, tidak meluputkan Kementrian Kesehatan RI menjadikan 10 April adalah Hari Kanker Tulang. Kenapa begitu penting? Simak selengkapnya disini.

Klikdokter.com - Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang jarang terjadi. Meskipun angka kasusnya jarang terjadi, tidak meluputkan Kementrian Kesehatan RI menjadikan 10 April adalah Hari Kanker Tulang.

Kanker tulang dapat terjadi pada bagian tulang manapun pada tubuh manusia, namun paling sering terjadi pada tulang panjang, seperti tulang tangan dan kaki. Penyebabnya masih belum jelas, namun faktor genetik dan paparan radiasi memiliki peranan yang cukup penting dalam mencetus kondisi kanker tulang. (Baca: Kanker Tulang Mengintai Anak & Remaja)

Berdasarkan asalnya kanker tulang dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Kanker tulang primer: kanker muncul pertama kali pada tulang, osteosarcoma adalah jenis kanker tulang primer terbanyak. Paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja.
  2. Kanker tulang sekunder: merupakan kanker metastasis, artinya sumber kanker utamanya berasal dari organ lain yang menyebar ke tulang, misalnya kanker payudara, paru, atau prostat.(Baca: Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!)

Apa saja jenis kanker tulang?

Terdapat banyak sekali jenis kanker tulang primer, berikut ini adalah 3 jenis kanker tulang primer yang paling banyak ditemukan:

Osteosarkoma

Merupakan jenis kanker tulang  primer terbanyak. Paling sering ditemukan pada usia 10–30 tahun, namun dapat juga ditemukan pada usia 60 – 70 tahun. Osteosarkoma paling sering menyerang tulang di tangan, kaki, dan panggul.

Kondrosarkoma

Kondrosarkoma merupakan kanker sel kartilago dan merupakan kanker tulang primer kedua terbanyak. Paling sering menyerang tulang panggul, tangan, dan kaki. Dapat juga menyerang trakea, laring, bahu, dan tulang iga. Kondrosarkoma paling sering terjadi pada orang dewasa (usia>20 tahun).

Ewing Sarcoma Family of Tumors (ESFTs)

Ewing sarcoma paling sering ditemukan pada remaja laki-laki. Nama kanker ini diambil dari nama dokter bedah yang pertama menemukannya, yaitu dr. James Ewing. Kanker ini biasanya tidak hanya mengenai tulang tetapi juga jaringan lunak di sekitarnya (otot, lemak, jaringan fibrosa, pembuluh darah).

 

Apa gejalanya?

·         Nyeri pada tulang

·         Bengkak pada daerah yang terkena

·         Patah tulang

·         Lemah

·         Penurunan berat badan

·         Gangguan saat bergerak

 

Bagaimana mendiagnosis kanker tulang?

Dokter akan melakukan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik menyeluruh, selain itu akan dilakukan juga pemeriksaan penunjang seperti bone scan, CT-scan, MRI, X-ray, ataubiopsi. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan menentukan stadium kanker. (Baca: 10 Cara Menghindari Kanker)

Apa saja pilihan terapi untuk kanker tulang?

Terapi kanker tulang tergantung pada jenis kanker, ukuran, lokasi, stadium, usia, dan status kesehatan pasien secara umum. Pilihan terapi untuk kanker tulang yaitu dengan operasi, terapi radiasi, kemoterapi, atau cryosurgery. (Baca: Cahaya Infra Merah Dalam Pengobatan Kanker)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DK)

 

Baca juga:

Kanker Tulang Mengintai Anak & Remaja

Kebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos!

Semakin Jarang Bergerak, Tulang Keropos

 

Ditulis oleh:

dr. Dina Kusumawardhani

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar