HomeInfo SehatBerita KesehatanCALEG Rawan Depresi & Stres
Berita Kesehatan

CALEG Rawan Depresi & Stres

Dimas Aninditya, 09 Apr 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Para calon legislatif (CALEG) yang tereliminasi kelak dikhawatirkan memiliki kecenderungan potensi depresi.

CALEG Rawan Depresi & Stres

Klikdokter.com - Para calon legislatif (CALEG) yang tereliminasi kelak dikhawatirkan memiliki kecenderungan potensi depresi. Menilik kilas balik Pemilihan Umum 5 tahun lalu, RS Hasan Sadikin Bandung menyampaikan hasil penelitiannya soal kemungkinan yang kuat sekali untuk para CALEG yang tidak lolos dapat kehilangan kewarasannya karena frustasi dari beban kegagalan yang dimilikinya.

Sulit ditampik, beda 5 tahun lalu memang bisa beda lagi situasi 2014 ini. Jika para CALEG pada 2009 lalu mayoritas dinilai tidak memiliki kadar kekuatan mental untuk menjadi fondasi pencegahan kecenderungan depresi pada penelitian, tidak menutup kemungkinan dikhawatirkan muncul dengan hasil evaluasi tes kejiwaan yang tidak jauh berbeda dari 2009 lalu.

Buktinya? Tidak main-main, sederet mantan CALEG 2009 resmi menjadi depresi pasca kegagalan PEMILU 5 tahun lalu. seorang calon bupati di Jawa Timur menjadi gila karena kalah dalam proses pilkada. Dilaporkan dirinya telah menghabiskan Rp. 3 miliar hasil mengutang guna menutupi kebutuhan kampanye. Hutangnya berakumulasi, usahanya gulung tikar, dan situasi rumah tangganya menuju perceraian dengan istrinya. Senada yang dialami di provinsi Nusa Tenggara Barat, CALEG PEMILU 2009, Siti Hanain caleg Partai Pelopor untuk DPRD NTB mengaku sudah mengalami tekanan yang berlebihan. Sebagaimana dilaporkan, ketika mendatangi Rumah Sakit Jiwa Mataram untuk berkonsultasi, beliau mengemukakan rasa khawatir pikirannya akan tanggung jawab akan tuntutan masyarakat kerap kali menghantui dirinya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA)

CALEG Depresi & Stres

Konsultasi Dokter Terkait