HomeInfo SehatKesehatan UmumBenarkah Cuaca yang Berubah-ubah Membuat Kita Mudah Sakit?
Kesehatan Umum

Benarkah Cuaca yang Berubah-ubah Membuat Kita Mudah Sakit?

dr. Adithia Kwee, 02 Apr 2014

Ditinjau Oleh dr. Adithia Kwee

Icon ShareBagikan
Icon Like

Setiap kali terserang suatu penyakit, orang cenderung punya sesuatu untuk disalahkan. ?Ini pasti gara-gara makanan yang kubeli kemarin?, ?ini pasti aku tertular si Bayu?. Salah satu kambing hitam yang paling sering dilibatkan adalah cuaca. ?Cuaca nya tak menentu sih, makanya aku sakit?. Benarkah cuaca yang berubah-ubah membuat kita sakit?

Benarkah Cuaca yang Berubah-ubah Membuat Kita Mudah Sakit?

Setiap kali terserang suatu penyakit, orang cenderung punya sesuatu untuk disalahkan. “Ini pasti gara-gara makanan yang kubeli kemarin”, “ini pasti aku tertular si Bayu”. Salah satu kambing hitam yang paling sering dilibatkan adalah cuaca. “Cuaca nya tak menentu sih, makanya aku sakit”.

Saat ini, aturan musim panas dan musim hujan tidak berlaku lagi, setidaknya di negara kita ini. Kadang di siang hari begitu teriknya sampai-sampai kita bercucuran keringat, tetapi menjelang malam hujan serta merta menerjang, bahkan sampai mengakibatkan banjir. Begitu seterusnya, cuaca berubah-ubah tanpa kejelasan, fenomena ini disebut anomali cuaca.

Perubahan suhu mengakibatkan penurunan kondisi tubuh yang tiba-tiba, belum lagi jika banyak uap dari debu yang kering yang mudah terbawa udara, perubahan ini diikuti bakteri dan virus yang menyebar dengan leluasa. Akibatnya, ketika sistem pertahanan tubuh kita turun ditambah dengan agen infeksius yang merajarela, otomatis kita mudah terserang penyakit.

Lalu Adakah yang Bisa Kita Lakukan?

  1. Tingkatkan kondisi kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.
  2. Pastikan Anda cukup beristirahat, tidurlah 7-8 jam sehari jika dapat.
  3. Minum suplemen seperti vitamin C untuk meningkatkan pertahanan tubuh
  4. Lakukan olahraga secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu selama 30 menit 
  5. Hindari terkena air hujan secara langsung
  6. Jaga kebersihan lingkungan agar lingkungan kita tidak kondusif untuk tumbuh kembang bakteri dan virus 

Ikutilah langkah-langkah di atas, ketika pertahanan kita baik, seberapapun cuaca berubah-ubah tidak ada yang perlu kita kuatirkan. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

(AK)

Musim Pancaroba Mudah Sakit

Konsultasi Dokter Terkait