Sukses

4 Langkah Pencegahan Tipes

Tidak main-main, ibu negara Republik Indonesia bahkan pernah terserang demam tipes beberapa waktu lalu. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, dimana saja, kapan saja, jadi mari kita simak tips untuk terhindar dari demam typhoid berikut ini.

Klikdokter.com – Tipes atau Tifus. Dalam khazanah medis akrab dikenal dengan sebutan typhoid. Tidak main-main, ibu negara Republik Indonesia bahkan pernah terserang demam tipes beberapa waktu lalu. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, dimana saja, kapan saja, jadi mari kita simak tips untuk terhindar dari demam typhoid berikut ini.

 

Apa Sih Tipes Itu?

Demam typhoid adalah infeksi yang terjadi pada usus halus manusia yang disebabkan oleh bakteri bernama Salmonella typhii, meskipun kita memiliki asam lambung yang dapat membunuh kuman, ternyata kuman penyebab tifus ini kebal terhadap pertahanan asam lambung, sehingga dalam jumlah tertentu seseorang akan terkena infeksi. Kuman ini biasanya terdapat di makanan yang tidak higienis, tentu Anda tidak heran di Indonesia angka kejadian demam typhoid begitu tinggi, banyak sekali jajanan yang tidak terjamin kebersihannya di lingkungan kita. (Baca: Demam Tifoid Pada Anak)

 

Apa yang dapat kita lakukan?

  1. Ketahui dengan pasti makanan yang Anda makan dimasak sematang mungkin
  2. Ketika Anda merasa bahwa tubuh Anda sedang kurang fit, hindari jajan sembarangan karena pada dasarnya penyakit apapun akan lebih mudah menyerang saat tubuh kita dalam kondisi yang kurang prima.
  3. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah Anda makan, ikuti 7 langkah mencuci tangan yang dianjurkan WHO (Baca: Bagaimana Mencuci Tangan yang Benar?)
  4. Jika memungkinkan, bawalah perbekalan makan dari rumah, segala sesuatu yang dimasak di rumah sendiri seharusnya lebih higienis daripada yang biasa Anda dapatkan di tempat umum.

Demikian beberapa langkah yang patut Anda lakukan, agar tubuh Anda senantiasa sehat! Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

Pentingnya Mencuci Tangan

Ditemukan Bakteri di Handuk Kertas Baru

Tips Menyimpan ASI Dalam Kulkas

 

Ditulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

 

1 Komentar