Sukses

5 Makanan Penghambat Penuaan

Pencegahan penuaan bisa dengan makanan, ataupun dengan cara lain seperti olahraga. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang dibuktikan dapat menghambat proses penuaan.

Klikdokter.com - Proses penuaan merupakan proses yang tidak dapat dicegah. Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan, entah terlihat dari luar tubuh ataupun proses penuaan yang terjdi di dalam tubuh. Ternayata menurut beberapa penelitian, proses penuaan ini bisa lho kita bantu cegah. 

Pencegahan penuaan bisa dengan makanan, ataupun dengan cara lain seperti olahraga. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang dibuktikan dapat menghambat proses penuaan. 

  1. Minyak Zaitun (Olive Oil)

Banyak peneliti yang menyebutkan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun bertanggung jawab dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Minyak zaitun juga mengandung polyphenols yang merupakan sumber anti-oksidan yang kuat untuk mencegah proses penuaan

  1. Yogurt

Yogurt kaya akan kandungan kalsium yang membantu melawan osteoporosis dan mengandung ‘bakteri baik’ yang membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi peningkatan risiko penyakit usus akibat penuaan.  

  1. Ikan

Ikan merupakan sumber omega-3 yang tinggi yang berguna mencegah gumpalan kolestrol di pembuluh darah serta membantu melindungi jantung terhadao kelainan irama jantung. 

  1. Kacang

Kacang merupakan makanan yang tinggi akan kandungan lemak tak jenuh, sehingga memiliki efek mirip seperti minyak zaitun. Kacang juga mengandung vitamin dan mineral yang merupakan anti-oksidan. 

  1. Blueberry

Sebuah studi yang dipublikasikan tahun 1999 dari Tufts University menyebutkan bahwa mencit yang diberikan blueberry hidup lebih lama dibandingkan dengan mencit yang tidak mendapat blueberry. Beberapa kandungan dalam blueberry mengandung anti-inflamasi dan yang dapat mencegah kerusakan oksidatif yang berhubungan dengan kerusakan akibat penuaan dan fungsi motorik.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](EA/DA)

 

Baca juga:

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

5 Bahan Alami Atasi Jerawat

 

Ditulis oleh

dr. Dewi Ema Anindia

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar