Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatOtot dan SendiCara Mencegah Cedera Hamstring
Otot dan Sendi

Cara Mencegah Cedera Hamstring

Krisna Octavianus Dwiputra, 10 Nov 2019

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Cedera hamstring bisa sangat mengganggu aktivitas olahraga Anda. Mari ketahui cara mencegahnya.

Cara Mencegah Cedera Hamstring

Bagi penggemar sepak bola, Anda pasti sering mendengar kata-kata cedera hamstring. Cedera ini memang menjadi salah satu masalah yang sering mengintai para pesepak bola. Jadi, bagaimana cara mencegahnya agar Anda aman ketika berolahraga?

Mengenal Otot Hamstring

Hamstring adalah otot-otot yang berada di paha bagian belakang. Otot-otot besar tersebut berfungsi menghubungkan otot serta tulang, yang terletak di belakang paha, memanjang dari pinggul hingga bagian bawah lutut.

Hamstring sendiri pada dasarnya tidak terlalu banyak digunakan saat berdiri atau berjalan. Namun, otot ini akan sangat aktif ketika digunakan dalam aktivitas yang melibatkan gerakan menekuk lutut, seperti berlari dan melompat.

“Maka tak heran, atlet menjadi sasaran empuk cedera ini,” kata dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Ketika terjadi cedera, seperti tarikan atau robekan, seseorang dapat merasakan sangat nyeri di bagian belakang paha.

Biasanya, penderita akan merasakan nyeri di bagian belakang paha, memar, bengkak, dan kesulitan menggerakkan otot bagian belakang paha. Di sisi lain, waktu pemulihan cedera ini juga relatif lama dan sekali terkena bisa menjadi kambuhan.

Selain itu, cedera hamstring memiliki tiga tingkatan. Tingkatan pertama, terjadinya tarikan ringan pada otot sehingga kekuatan otot untuk bergerak pun berkurang. Tingkatan kedua, sebagian otot akan robek yang menyebabkan rasa nyeri dan kekuatan bergerak menjadi berkurang.

Sementara itu, tingkatan ketiga adalah tahapan yang paling parah. Yaitu, terjadi robekan penuh pada otot yang membuat rasa sakit yang hebat dan otot hampir kehilangan seluruh kekuatannya untuk bergerak normal. 

Saat Anda Mengalami Cedera Otot Hamstring, Segera Lakukan:

Cedera otot hamstring adalah masalah yang seringkali ditemui terutama para atlet. Lakukan ini ketika mengalami kerusakan otot hamstring:

  • mengistirahatkan otot yang terlibat, saat mengalami cedera ini, banyak beristirahat dan hindari aktivitas yang melibatkan otot yang terlibat agar tidak memperparah cedera.
  • mendinginkan dengan es daerah yang sakit, terutama pada awal-awal cedera. Kompres bagian yang mengalami cedera, setiap 2–3 jam sekali selama 20 sampai 30 menit selama beberapa hari untuk mengurangi bengkak.
  • menekan daerah yang sakit dengan perban elastis, membalut bagian yang sedang cedera dengan perban elastis bisa memberi tekanan dan akan mengurangi bengkak.
  • memakai tongkat jika timbul rasa nyeri saat berjalan, gunakan alat bantu seperti tongkat untuk sementara saat berjalan agar bagian yang cedera tidak menahan beban terlalu berat yang mengakibatkan parahnya cedera.
  • meregangkan dengan perlahan paha dan pinggul, lakukan peregangan sesuai anjuran dokter untuk mempercepat proses penyembuhan.
  • terapi fisik, lakukan terapi fisik sesuai anjuran dokter untuk mempercepat penyembuhan cedera ini.
  • operasi, lakukan operasi apabila terbukti otot mengalami robekan yang cukup parah. Operasi diperlukan untuk memperbaiki kerusakan otot hamstring yang cukup parah.

Mencegah Cedera Hamstring

Ingat, proses penyembuhan sempurna cedera hamstring membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, cara terbaik adalah mencegah cedera ini terjadi. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

Lakukan peregangan sebelum berolahraga, apa pun pilihan olahraga Anda. Peregangan adalah cara terampuh untuk

  • Lakukan peregangan sebelum berolahraga, apa pun pilihan olahraga Anda. Peregangan adalah cara terampuh untuk mencegah terjadinya cedera otot. Biasanya, saat olahraga otot digunakan berkali lipat dari biasanya.
  • Durasi peregangan bergantung pada jenis olahraga yang Anda lakukan, semakin berat olahraga Anda, semakin lama waktu peregangan yang Anda perlukan.
  • Setelah peregangan, lakukan juga pemanasan. Pemanasan tidak sama dengan peregangan. Tujuan pemanasan adalah mempersiapkan tubuh secara keseluruhan untuk aktivitas olahraga, sementara peregangan berfokus pada persiapan otot.
  • Lakukan olahraga sesuai kemampuan tubuh Anda, jangan memaksakan jika tubuh belum siap. Anda boleh berlanjut melakukan olahraga yang lebih berat setelah melalui beberapa rangkaian frekuensi latihan yang bertahap.
  • Gunakan sepatu yang tepat saat berolahraga. Sepatu yang tepat bisa mengurangi risiko cedera.

Jaga kondisi kebugaran tubuh supaya otot tidak menjadi lelah. Hal ini salah satunya bisa dilakukan dengan memenuhi asupan nutrisi yang cukup.

Itu adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya cedera hamstring ketika berolahraga. Ingat, cedera ini merupakan cedera yang penyembuhannya bisa lama dan dapat kambuh. Oleh karena itu, persiapan matang adalah kunci untuk menghindari cedera.

[HNS/ RH]

Cedera HamstringMencegah Cedera Hamstring

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter