Sukses

Cara Mencegah Cedera Hamstring

Bagi Anda penggemar sepakbola, istilah cedera hamstring tentu tidak asing lagi di telinga. Cedera ini sering sekali mendera para atlit sepakbola. Apa sebenarnya cedera hamstring itu?

Klikdokter.com - Bagi Anda penggemar sepakbola, istilah cedera hamstring tentu tidak asing lagi di telinga. Cedera ini sering sekali mendera para atlit sepakbola. Apa sebenarnya cedera hamstring itu? (Baca: Apa Itu Cedera Hamstring)

Di balik tungkai atas atau paha kita, terdapat sejumlah otot yang senantiasa menopang pergerakkan kita dalam hampir setiap olahraga. Otot- otot ini ketika bekerja dalam waktu yang cukup lama, akan mengalami strain atau peregangan. Muscle strain adalah bentuk cedera otot tersering yang pada dasarnya dapat mengenai otot mana saja yang dipakai secara berlebihan. Seseorang yang mengalami muscle strain memerlukan waktu yang tidak singkat untuk proses penyembuhan dapat terjadi sempurna. Lalu bagaimana kita dapat mencegah cedera otot ini? (Baca: Cedera Otot? Jangan Asal Urut!)

  1. Lakukan stretching setiap sebelum olahraga, apapun bentuk olahraga Anda. Stretching adalah cara terampuh untuk mencegah terjadinya cedera otot, dalam olahraga otot kita bekerja berkali lipat dari biasanya, sehingga tanpa stretching. Otot manapun dari tubuh kita potensial untuk mengalami cedera. (Baca: Program Olahraga)
  1. Durasi stretching bergantung pada jenis olahraga yang Anda lakukan, semakin berat olahraga Anda, semakin lama waktu stretching yang Anda perlukan.
  1. Setelah stretching, lakukan pemanasan. Pemanasan tidak sama dengan stretching, tujuan pemanasan adalah mempersiapkan tubuh secara keseluruhan untuk aktivitas olahraga, sementara stretching berfokus pada persiapan otot.

Tahun 2014 setiap insan akan semakin sadar akan pentingnya olahraga, hal ini semakin ‘menjadi-jadi’ dengan tumpah ruahnya wadah berolahraga, dapat kita lihat dalam satu bulan saja sudah diadakan beberapa ajang lari, hal ini tentunya baik, tapi jadilah pelari olahraga yang cerdas, agar keamanan olahraga Anda senantiasa terjaga. (Baca: 10 Manfaat Olahraga)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

Apa Itu Cedera Otot Hamstring?

Cedera Otot? Ini Pertolongan Tepatnya!

Cedera? Jangan Asal Urut!

 

Ditulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar