Sukses

Cara Mencegah Cedera Hamstring

Cedera hamstring bisa sangat mengganggu aktivitas olahraga Anda. Mari ketahui cara mencegahnya.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi penggemar sepak bola, Anda pasti sering mendengar kata-kata cedera hamstring. Cedera ini memang menjadi salah satu masalah yang sering mengintai para pesepak bola. Jadi, bagaimana cara mencegahnya agar Anda aman ketika berolahraga?

Mengenal otot hamstring

Hamstring adalah otot-otot yang berada di paha bagian belakang. Otot-otot besar tersebut berfungsi menghubungkan otot serta tulang, yang terletak di belakang paha, memanjang dari pinggul hingga bagian bawah lutut.

Hamstring sendiri pada dasarnya tidak terlalu banyak digunakan saat berdiri atau berjalan. Namun, otot ini akan sangat aktif ketika digunakan dalam aktivitas yang melibatkan gerakan menekuk lutut, seperti berlari dan melompat.

“Maka tak heran, atlet menjadi sasaran empuk cedera ini,” kata dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Ketika terjadi cedera, seperti tarikan atau robekan, seseorang dapat merasakan sangat nyeri di bagian belakang paha.

Biasanya, penderita akan merasakan nyeri di bagian belakang paha, memar, bengkak, dan kesulitan menggerakkan otot bagian belakang paha. Di sisi lain, waktu pemulihan cedera ini juga relatif lama dan sekali terkena bisa menjadi kambuhan.

Selain itu, cedera hamstring memiliki tiga tingkatan. Tingkatan pertama, terjadinya tarikan ringan pada otot sehingga kekuatan otot untuk bergerak pun berkurang. Tingkatan kedua, sebagian otot akan robek yang menyebabkan rasa nyeri dan kekuatan bergerak menjadi berkurang.

Sementara itu, tingkatan ketiga adalah tahapan yang paling parah. Yaitu, terjadi robekan penuh pada otot yang membuat rasa sakit yang hebat dan otot hampir kehilangan seluruh kekuatannya untuk bergerak normal. 

Saat Anda mengalami cedera otot hamstring, segera lakukan:

  • mengistirahatkan otot yang terlibat
  • mendinginkan dengan es daerah yang sakit, terutama pada awal-awal cedera
  • menekan daerah yang sakit dengan perban elastis
  • memakai tongkat jika timbul rasa nyeri saat berjalan
  • meregangkan dengan perlahan paha dan pinggul
  • terapi fisik
  • operasi, yang dilakukan jika terbukti otot mengalami robekan

Mencegah cedera hamstring

Ingat, proses penyembuhan sempurna cedera hamstring membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, cara terbaik adalah mencegah cedera ini terjadi. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

Lakukan peregangan sebelum berolahraga, apa pun pilihan olahraga Anda. Peregangan adalah cara terampuh untuk

  • Lakukan peregangan sebelum berolahraga, apa pun pilihan olahraga Anda. Peregangan adalah cara terampuh untuk mencegah terjadinya cedera otot. Biasanya, saat olahraga otot digunakan berkali lipat dari biasanya.
  • Durasi peregangan bergantung pada jenis olahraga yang Anda lakukan, semakin berat olahraga Anda, semakin lama waktu peregangan yang Anda perlukan.
  • Setelah peregangan, lakukan juga pemanasan. Pemanasan tidak sama dengan peregangan. Tujuan pemanasan adalah mempersiapkan tubuh secara keseluruhan untuk aktivitas olahraga, sementara peregangan berfokus pada persiapan otot.
  • Lakukan olahraga sesuai kemampuan tubuh Anda, jangan memaksakan jika tubuh belum siap. Anda boleh berlanjut melakukan olahraga yang lebih berat setelah melalui beberapa rangkaian frekuensi latihan yang bertahap.
  • Gunakan sepatu yang tepat saat berolahraga. Sepatu yang tepat bisa mengurangi risiko cedera.

Jaga kondisi kebugaran tubuh supaya otot tidak menjadi lelah. Hal ini salah satunya bisa dilakukan dengan memenuhi asupan nutrisi yang cukup.

Itu adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya cedera hamstring ketika berolahraga. Ingat, cedera ini merupakan cedera yang penyembuhannya bisa lama dan dapat kambuh. Oleh karena itu, persiapan matang adalah kunci untuk menghindari cedera.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar