Sukses

Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati

Banyak orangtua yang menyalah-artikan MP-ASI. MP-ASI merupakan makanan pendamping ASI, bukan makanan pengganti ASI. Dikatakan pendamping, berarti bila sudah waktunya diberikan makanan pendamping ini, bukan berarti pemberian ASI harus dihentikan

Klikdokter.com - Apakah Anda sudah memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda? Dikatakan ASI eksklusif bila pemberian ASI berlangsung hingga usia 6 bulan tanpa disertai pemberian susu formula atau makanan tambahan. Lalu kapankah saat pemberian makanan tambahan yang tepat?

Banyak orangtua yang menyalah-artikan MP-ASI. MP-ASI merupakan makanan pendamping ASI, bukan makanan pengganti ASI. Dikatakan pendamping, berarti bila sudah waktunya diberikan makanan pendamping ini, bukan berarti pemberian ASI harus dihentikan. Pemberian ASI sangat baik jika dilanjutkan hingga usia 2 tahun. (baca: Manfaat Air Susu Ibu)

Usia 6 bulan dianggap merupakan saat yang tepat untuk pemberian MP-ASI. Pada usia ini, saluran pencernaan bayi sudah cukup mampu untuk menerima makanan selain ASI. Selain itu, pada usia ini, kebutuhan gizi bayi sudah tidak lagi tercukupi hanya dengan pemberian ASI sehingga dibutuhkan sumber nutrient lain untuk mencukupi kebutuhannya.

 

Untuk pemberian MP-ASI ini dimulai secara perlahan-lahan dan bertahap. Saat awal bisa diberikan makanan yang dicairkan, kemudian baru diberikan makanan yang lebih kental. Dapat dimulai dengan:

  • pemberian bubur susu
  • jus buah
  • kemudian tim saring
  • lalu tim cincang
  • baru diberikan makanan yang lebih padat.

Pemberian makanannya pun harus bervarisi, selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang semakin meningkat juga supaya bayi mulai belajar mengenali berbagai variasi makanan.

Pemberian MP-ASI yang terlalu dini dapat menyebabkan masalah pencernaan di kemudian hari. Makanan-makanan yang bisanya menimbulkan reaksi alergi seperti protein hewani atau putih telur sebaiknya diberikan sedikit demi sedikit. Bila ternyata bayi anda alergi terhadap makanan tersebut, berikan penggantinya dengan kandungan nutrisi yang mirip.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?

Solusi Puting Lecet Karena Menyusui

 

adithia kweeDitulis oleh

dr. Adithia Kwee

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar