HomeIbu Dan anakKehamilanTips Atasi Sakit Kepala Saat Hamil
Kehamilan

Tips Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

dr. M. Dejandra Rasnaya, 20 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sakit kepala saat hamil bisa sangat mengganggu. Bagaimana mengobatinya? Simak cara mengatasi sakit kepala saat hamil yang ampuh di sini.

Tips Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

Sakit kepala merupakan gejala yang mengganggu, apalagi bagi Anda yang sedang hamil. Kondisi ini pun termasuk yang sering terjadi pada ibu hamil.

Faktanya, dilaporkan ada sekitar 39 persen ibu hamil dan yang habis melahirkan mengalami sakit kepala. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengetahui cara mengatasi sakit kepala saat hamil.

Gejala yang dalam medis disebut sefalgia ini memiliki beberapa tipe, di antaranya migrain, nyeri kepala tipe tegang, dan nyeri kepala tipe klaster. Ketiganya dapat terjadi pada ibu hamil, namun yang paling sering adalah tipe tegang dan migrain.

Penyebab sakit kepala pada ibu hamil beragam, mulai dari perubahan hormon, tekanan darah tinggi, dehidrasi, stres, mual, muntah, kurang tidur, hingga kurangnya aktivitas.

Meskipun cenderung tidak berbahaya, sakit kepala saat hamil dapat mengganggu aktivitas. Berikut ini adalah cara mengatasi sakit kepala saat hamil.

1. Cukup Tidur

Membesarnya perut ketika hamil seringkali menyebabkan sesak dan kesulitan saat tidur. Hal ini dapat kemudian membuat Anda kurang tidur. Saat mengalami sakit kepala, cobalah untuk beristirahat, berbaring, dan tidur untuk mengatasinya.

2. Kelola Stres

Salah satu penyebab sakit kepala adalah stres yang dapat menyebabkan otot sekitar leher dan kepala menjadi tegang.

Kondisi ini kemudian menimbulkan sakit kepala tipe tegang. Kelola stres dengan cara berpikir positif.

3. Latihan Relaksasi

Lakukan latihan relaksasi dengan cara mengatur napas, berbaring dengan kaki ditinggikan, dan sebagainya.

Ibu bisa berkonsultasi dengan instruktur olahraga atau yoga khusus ibu hamil untuk menemukan latihan relaksasi yang tepat. Selain itu, disarankan melakukan latihan ini dengan didampingi instruktur.

4. Lakukan Pijatan

Salah satu cara mengatasi sakit kepala saat hamil adalah dengan melakukan pijatan halus pada bagian pundak, leher, kepala, sekitar mata, dan wajah.

Tindakan ini untuk mengurangi ketegangan otot di sekitar kepala yang menyebabkan sakit kepala.

Artikel Lainnya: Mengapa Sakit Kepala Saat Menunduk?

5. Kompres

Migrain atau sakit kepala sebelah yang umumnya ditandai dengan berdenyut adalah akibat pelebaran pembuluh darah di bagian kepala.

Untuk menguranginya, Anda dapat melakukan kompres dingin dengan ice pack atau handuk dingin di bagian leher belakang.

Selain kompres dingin, cara menghilangkan sakit kepala saat hamil juga dengan melakukan kompres hangat pada bagian sekitar mata dan wajah untuk mengurangi ketegangan otot.

6. Makan Teratur

Ibu hamil kerap merasa mual hingga muntah karena perubahan hormon maupun perut yang membesar, sehingga jadi ogah makan.

Padahal, peningkatan asam lambung akibat makan tidak teratur juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Maka dari itu, apabila Anda nyeri kepala, usahakan makan teratur dengan cara makan porsi sedikit namun frekuensinya sering. Selain menetralisir asam lambung, asupan kalori dari makanan juga membantu mengatasi sakit kepala.

7. Kontrol Tekanan Darah

Hipertensi (tekanan darah tinggi) pada ibu hamil kerap terjadi yang juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Oleh sebab itu, penting untuk mengontrol tekanan darah Anda selama kehamilan.

Dapat diawali dengan rutin kontrol ke dokter dan mengukur tekanan darah untuk selalu tahu kondisi tubuh. Selain itu, barengi pula dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

8. Kurangi Konsumsi Garam

Selain kontrol rutin tekanan darah, kurangi konsumsi garam untuk menurunkan risiko hipertensi. Makanan tinggi garam itu sendiri juga dikenal menyebabkan sakit kepala.

Beberapa jenis makanan yang harus hindari makanan cepat saji, mengandung banyak penyedap rasa, serta daging olahan.

9. Penuhi Kebutuhan Cairan

Sakit kepala dapat disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan. Pada ibu hamil, dehidrasi sering terjadi akibat kondisi muntah-muntah.

Maka dari itu, jika sakit kepala menyerang, Anda bisa atasi dengan rehidrasi atau banyak minum air.

Artikel Lainnya: Hindari Hal Ini Saat Dilanda Sakit Kepala!

10. Lakukan Aktivitas Fisik

Menurut penelitian, salah satu penyebab sakit kepala pada ibu hamil adalah kurangnya aktivitas fisik. Jadi, jangan jadikan hamil sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

Tetap lakukan aktivitas fisik seperti jalan santai, senam aerobik, senam peregangan, ataupun berenang.

11. Yoga

Salah satu aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan adalah yoga. Selain melatih postur dan otot agar fleksibel dan tidak tegang, yoga juga melatih napas anda sehingga mampu memberikan relaksasi.

12. Konsumsi Obat

Obat sakit kepala untuk ibu hamil tergolong aman untuk dikonsumsi. Anda dapat mengkonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas, seperti parasetamol. Konsumsi obat sakit kepala jenis lain sebaiknya mengikuti pertimbangan dokter.

Apabila gejala tidak membaik dengan obat sakit kepala, disarankan anda berobat langsung ke dokter.

Itulah sejumlah cara menghilangkan sakit kepala saat hamil. Pastikan untuk selalu rutin memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter, serta menerapkan pola makan yang seimbang agar terhindar dari sakit kepala.

Baca juga artikel kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi:

  • National Library of Medicine (PubMed). Diakses 2022. Headache and pregnancy: a systematic review.
  • Healthline. Diakses 2022. Headache During Pregnancy: What You Need to Know.
  • Mayo Clinic. Diakses 2022. Pregnancy week by week.
  • WebMD. Diakses 2022. Migraine Headaches and Pregnancy.
KehamilanSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait