Sukses

6 Perubahan Tubuh Selama Kehamilan

Selama proses kehamilan, akan terjadi beberapa perubahan pada fisik seorang wanita. Jadi jangan kaget jika ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh Anda ketika sedang hamil. Apa saja perubahan fisik saat kehamilan? Mari kita simak satu per satu.

Klikdokter.com - Selama proses kehamilan, akan terjadi beberapa perubahan pada fisik seorang wanita. Jadi jangan kaget jika ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh Anda ketika sedang hamil. Apa saja perubahan fisik saat kehamilan? Mari kita simak satu per satu.

·            Uterus

Uterus adalah rahim tempat calon bayi berada. Rahim Anda akan beradaptasi untuk menerima dan melindungi hasil pembuahan sampai persalinan. Rahim akan bertambah besar dengan cepat selama kehamilan dan kembali seperti semula beberapa minggu setelah persalinan. Karena itu, perut Anda juga akan bertambah besar seiring bertambahnya ukuran rahim.  Sebagai gambaran, pada usia kehamilan 22 minggu, rahim akan berkembang sampai perbatasan pusar. Pada usia kehamilan 36 minggu, rahim akan berada tepat di bawah tulang dada.

·            Serviks/ mulut rahim

Pada usia satu bulan setelah pembuahan, serviks akan menjadi lunak dan kebiruan akibat perubahan pola pembuluh darah. Serviks bertanggungjawab menjaga janin di dalam uterus sampai akhir kehamilan. Saat mendekati usia persalinan, terjadi penurunan dari jumlah kolagen serviks yang menyebabkan semakin melunaknya serviks.

·            Kulit

Kulit dinding perut akan berubah warna menjadi kemerahan, kadang terlihat kusam. Terdapat garis kehitaman yang mucul disepanjang pusar ke bawah yang disebut linea nigra. Selain itu, terjadi perubahan warna menjadi lebih kehitaman pada beberapa daerah tubuh, seperti  pada areola atau puting susu.

·            Payudara

Payudara wanita akan melunak saat awal kehamilan, dan juga bertambah besar ukurannya. Ukuran payudara sebelum kehamilan tidak berhubungan dengan banyaknya air susu yang akan dihasilkan.

·            Berat Badan.

Kenaikan berat badan selama kehamilan diperkirakan sebesar 12,5 kg. Pada trimester kedua dan ketiga perempuan dengan gizi baik dianjurkan menambah berat 0,4 kg perminggu.

·            Saluran pencernaan

Seiring bertambah besarnya uterus, lambung dan usus akan tergeser. Pergerakan otot saluran pencernaan akan menjadi lebih lambat yang dapat menyebabkan keluhan seperti mual dan konstipasi. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan berserat untuk menjaga konsistensi feses Anda agar tetap lunak.

Itulah beberapa perubahan selama kehamilan. Jadi, jangan bingung jika Anda mengalami berbagai perubahan diatas selama proses kehamilan Anda. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AN)

 

Baca juga:

Tips Tidur Sehat Selama Kehamilan

Inilah Kenapa USG Selama Kehamilan Penting

10 Mitos Kehamilan Terkait Makanan

 

Ditulis oleh

dr.Alvin Nursalim

Anggota Dewan Redaksi

Klikdokter.com 

1 Komentar