HomeInfo SehatKesehatan Umum10 Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia
Kesehatan Umum

10 Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia

dr.Dina Kusumawardhani, 20 Feb 2014

Ditinjau Oleh dr.Dina Kusumawardhani

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menurut World Health Organization (WHO), diperkirakan 55 juta orang meninggal di dunia pada tahun 2011. Sekitar dua per tiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit paru kronik.

10 Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia

Kematian memang merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Terdapat jutaan manusia meninggal setiap tahunnya karena berbagai penyebab.

Menurut World Health Organization (WHO), diperkirakan 55 juta orang meninggal di dunia pada tahun 2011. Sekitar dua per tiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit paru kronik. Sisanya disebabkan oleh penyakit infeksi menular, masalah maternal (ibu), perinatal (bayi/anak), nutrisi, dan kecelakaan lalu lintas.

Berikut ini adalah penyebab kematian terbanyak di dunia menurut WHO:

Penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) telah membunuh 17 juta manusia di dunia, berarti 3 dari 10 kematian disebabkan oleh penyakit ini. WHO menyebutkan bahwa rokok bertanggung jawab atas jumlah kematian tersebut.

Tidak hanya penyakit kardiovaskular, rokok juga menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik dan kanker paru. Dalam hal ini, rokok bertanggung jawab atas 1 dari 10 kematian di dunia.

Lain halnya dengan orang dewasa, pembunuh terbanyak pada anak-anak adalah infeksi paru-paru (pneumonia), prematuritas, asfiksia, dan diare. Sekitar 7 juta anak meninggal sebelum usia 5 tahun dan hampir semuanya (99%) terjadi di negara miskin dan berkembang.

Apa Pentingnya Kita Mencari Tahu Penyebab Kematian Terbanyak?

Dengan mengukur jumlah orang yang meninggal setiap tahunnya dan mengetahui penyebabnya, kita dapat menyadari betapa pentingnya hubungan antara suatu penyakit atau kecelakaan dalam mempengaruhi status kesehatan seseorang.

Sebagian besar penyakit-penyakit di atas sebenarnya dapat dicegah. Data tersebut juga dapat membantu suatu negara untuk meningkatkan kualitas kesehatan rakyatnya dengan memulai program-program yang dapat mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Penyebab Kematian Terbanyak Di Dunia 2014

Konsultasi Dokter Terkait