Sukses

8 Kebiasaan Ini Akan Membuat Umur Anda Lebih Panjang

Ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari ternyata membuat hidup kita bisa lebih lama lho.

Klikdokter.com - Pekerjaan yang menumpuk, kesibukan yang tidak kunjung selesai dan kebiasaan lainnya yang sering kita pelihara sebenarnya tanpa sadar telah menggerogoti tubuh kita perlahan-lahan dan mempengaruhi status kesehatan kita tanpa kita sadari. Ada beberapa hal yang tidak dapat kita kontrol seperti pertambahan usia dan pengaruh genetik, namun ada juga beberapa hal yang dapat kita kontrol, yaitu:

1.          Melakukan Medical Chec-Up Rutin

Melakukan Medical Check Up rutin dapat merupakan investasi yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan melakukan pemeriksaan rutin kita dapat memantau kondisi kesehatan kita dan juga dapat mendeteksi masalah kesehatan yang mungkin terjadi dalam tahap paling awal. 

2.          Mempertahankan berat badan normal

Berat badan berlebih maupun berat badan yang kurang juga dapat menjadi sumber masalah kesehatan. Berat badan berlebih berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, ketidakseimbangan hormon, penyakit hati dan lainnya. Sedangkan berat badan kurang sering berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon dan juga rendahnya daya tahan tubuh.

3.          Makan makanan yang bervariasi

Tubuh kita sebenarnya membutuhkan asupan nutrisi yang sangat bervariasi mulai dari karbohidrat, lemak, protein hingga berbagai mineral dan vitamin yang hanya bisa terpenuhi dari asupan berbgai jenis makanan. Untuk itu usahakan untuk mengkonsumsi makanan secara bervariasi. Selain itu kita juga perlu belajar untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan suatu makanan sehingga kita dapat dengan cermat membatasi asupan kalori dan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

4.          Aktif secara fisik

Olahraga 30 menit selama 5 hari dalam seminggu merupakan rekomendasi minimal dari American Heart Association untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Bila kita dapat melakukan lebih dari itu tentu lebih baik. Namun, olahraga berlebihan yang terlalu berat perlu dipantau oleh dokter sehingga keseimbangan hormon, terutama wanita, dapat terpantau.

 

5.          Memantau tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah

Tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah yang baik dalam tubuh akan menghindarkan kita dari ancaman penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke atau diabetes mellitus.

 

6.          Tidak merokok

Tidak ada satupun efek sehat dan baik dari merokok. Berhenti merokok atau tidak memulai untuk merokok mungkin adalah suatu keputusan yang paling penting dalam hidup kita.

 

7.          Melindungi diri dari paparan sinar matahari berlebihan

Sinar matahari yang berlebihan dapat memberikan efek oksidasi yang cukup besar pada tubuh, terutama bagian yang langsung terpapar. Risiko untuk penuaan kulit lebih cepat dan terbentuknya katarak pada mata lebih cepat termasuk dari bahaya kesehatan yang perlu diperhatikan.

8.          Menghindari alkohol berlebihan atau tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali

Alkohol adalah musuh bagi organ hati. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati dan dapat menyebabkan kematian.

Untuk apa kita hidup lebih lama namun menghabiskan sisa waktu hidup dalam kondisi tidak sehat dan kesulitan dalam melakukan berbagai hal. Bukankah bisa hidup lebih lama, tetap sehat dan mampu beraktivitas dengan baik serta bahagia bersama keluarga adalah pilihan yang lebih baik? Ayo hidup sehat mulai hari ini!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF/DA)

Jessica FlorenciaPenulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

Baca juga:

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar