Sukses

Inilah Daftar Penyakit Sendi yang Sering Muncul

Radang sendi ini di Amerika mengenai 46 juta orang dan angka ini diprediksi dapat terus naik hingga 67 juta orang pada tahun 2030. Nah, apa saja sih jenis radang sendi yang paling sering muncul ?

Klikdokter.com - Apakah Anda mengetahui bahwa ada lebih dari satu jenis radang sendi? Pada faktanya ada 100 jenis radang sendi. Radang sendi ini di Amerika mengenai 46 juta orang dan angka ini diprediksi dapat terus naik hingga 67 juta orang pada tahun 2030.

Banyak sekali orang mencoba-coba pengobatan yang tidak seusai hingga hanya memiliki efek kecil terhadap radang sendi mereka. Nah, apa saja sih jenis radang sendi yang paling sering muncul ?

Apa itu osteoarthritis (OA)?

Osteoarthritis atau biasa disebut penyakit sendi degeneratif merupakan penyakit radang sendi yang paling sering muncul. Penyakit ini timbul akibat penggunaan sendi yang berlebihan. Penyakit ini dapat diperberat oleh kondisi obesitas, penuaan serta beberapa jenis olahraga.

Penyakit ini sering timbul pada daerah tulang yang menangung berat badan seperti pada lutut, pinggul, kaki dan tulang belakang. Keluhan dapat memberat dalam waktu bulanan hingga tahun. Keluhan utama adalah nyeri pada sendi. Pada penyakit ini kartilago (sebuah jaringan yang menutupi semua tulang ditubuh yang berfungsi sebagai bantalan) dapat rusak. Dengan pertambahan kerusakan, sendi akan sangat nyeri bila digerakkan.

Apa itu Rheumatoid Athritis (RF)?

Rheumatoid Arthritis (RF) merupakan jenis peradangan sendi yang paling sering terjadi. Penyakit ini lebih sering muncul di wanita. Penyakit ini merupakan penyakit auto-immune dimana sistem pertahanan tubuh kita melawan tubuh sendiri. Penyakit ini sering muncul pada sendi yang menerima tekanan seperti pada sendi jari-jari, siku atau sendi kaki.

Gejala yang dapat muncul yaitu nyeri, kelelahan, hilangnya nafsu makan serta kekakuan sendi. Hingga bengkak pada sendi. Ciri khas dari penyakit ini adalah bila menyerang satu sisi sendi maka akan menyerang sisi sendi lain.

Apa itu Psoriatic Arthritis  (PA)?

Psoriatic Arthritis adalah suatu penyakit menahun yang ditandai dengan peradangan pada kulit (psoriasis) dan sendi (arthritis). Penyakit ini ditandai dengan kelainan kulit berupa bercak merah pada kulit, meninggi, dan area putih dimana terbentuk lapisan kulit yang keras. Psoriasis biasanya timbul pada daerah siku, lutut, kepala, perut, dan pada area genital.

Sebanyak 10% kasus penderita psoriasis dapat timbul kelainan sendi. Penyakit ini ditandai dengan bengkak pada jari dan kaki disertai perubahan warna pada kuku. Penyakit ini dapat timbul pada usia 30 – 50 tahun. Penyakit ini biasanya muncul secara terpisah.

Hendaknya bila Anda menderita nyeri pada sendi janganlah mencoba obat macam-macam, segera bertemu dengan dokter agar dapat didiagnosa dengan tepat sehingga pemberian obat tepat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA/DA)

dewi ema anindia

 

Penulis oleh:

dr. Dewi Ema Anindia

Anggota Dewan Redaksi Klikdokter.com

 

 

Baca juga:

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar