Sukses

Medical Check-up Sebelum Nikah, Penting Gak Sih?

Pernikahan yang sehat harus memperhatikan aspek kesehatan jasmani, psikologis, sosial dan bertujuan membentuk keluarga yang sehat. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan premarital

Oleh dr. Alvin Nursalim

Klikdokter.com - Pernikahan adalah sebuah tahap kehidupan yang penting bagi semua orang. Pernikahan yang sehat harus memperhatikan aspek kesehatan jasmani, psikologis, sosial dan bertujuan membentuk keluarga yang sehat. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan premarital.

Apa itu Premarital medical check up?

Pemeriksaan premarital adalah pemeriksaan bagi pasangan yang akan segera menikah untuk mendeteksi berbagai kelainan genetik (Thalassemia), dan beberapa penyakit menular. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit ini ke pasangan, dan meneruskan penyakit ini ke calon anak.

Apa tujuan dilakukan pemeriksaan ini?

Pemeriksaan ini dapat menurunkan penyebaran berbagai penyakit seperti Thalasemia, penyakit anemia sickle cell, dan berbagai penyakit menular.Selain itu pemeriksaan ini juga dapat menurunkan beban biaya pada keluarga dan komunitas akibat penyakit  yang mungkin timbul. Pemeriksaan ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit pada anak dan menghindari beban keluarga di masa depan.

Apa saja yang akan diperiksa?

Pemeriksaan ini dapat mendeteksi berbagai kelainan darah seperti Thalasemia, dan hemofilia. Selain itu pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi berbagai penyakit infeksi yang menular seperti hepatitis B, hepatitis C, Toksoplasma, sifilis dan HIV AIDS.

Bagaimana jika terdeteksi penyakit tertentu?

Jika dalam pemeriksaan ditemukan penyakit tertentu, maka hal ini akan dikonsultasikan dengan pihak pasangan. Berbagai penyakit dapat dicegah penularannya, misal dengan pengobatan terlebih dahulu pada pasangan yang terkena, atau pemberian vaksin pada pasangan yang belum terkena penyakit. Berbagai kelainan genetik yang ditemukan dapat ditindaklanjuti dengan konseling genetik jika ingin memiliki anak di kemudian hari.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AN)

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar