Sukses

Harapan Baru Untuk Proses Penuaan

Apa yang membuat sel menua? Tentu karena proses kelelahan dan kerusakan. Namun secara biologis, dr. David Sinclair seorang profesor bidang genetik dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa penyebab dari penuaan sel adalah berkurangnya oksigen yang akan memicu signal bahwa sel tersebut harus mati

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Klikdokter.com - Apa yang membuat sel menua? Tentu karena proses kelelahan dan kerusakan. Namun secara biologis, dr. David Sinclair seorang profesor bidang genetik dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa penyebab dari penuaan sel adalah berkurangnya oksigen yang akan memicu signal bahwa sel tersebut harus mati. Tanpa oksigen, mesin energi yang dinamakan mitokondria akan tidak efektif dalam merubah bahan bakar fisiologis untuk sel tubuh seperti glukosa yang dibutuhkan untuk kelangsungan sel sehingga memicu kematian sel.

Pada penelitian yang diproduksi dalam jurnal Cell, Sinclair dan teman-temannya menemukan zat yang benar-benar dapat membuat sel hidup menjadi lebih muda. Mereka menemukan bila memberikan zat yang dinamakan NAD pada suatu jaringan pada tikus yang berusia 2 tahun selama 1 minggu, jaringan tersebut dapat berubah menjadi jaringan sesuai dengan tikus usia 6 bulan (pada manusa dapat disamakan dengan jaringan pada orang usia 60 tahun berubah seperti jaringan tubuh usia 20 tahun).

Dengan penuaan, kadar NAD akan turun sebanyak 50%, dengan berkurangnya zat ini maka sel akan lebih rentan terhadap efek-efek penuaan seperti peradangan, berkurangnya masa otot, serta metabolisme yang lambat.

Dengan menipu tubuh dengan cara pemberian kadar NAD yang cukup, penuaan dapat diputar balikkan. Untuk lebih membuktikan hal ini Sinclair akan menambahkan NAD ke dalam minuman tikus.

Sinclair cenderung optimis bahwa komponen NAD ini dapat menjadi jawaban dalam proses penuaan. Mari kita berharap!!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](EA)

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar