HomeInfo SehatKulit6 Penyebab Kerusakan Rambut
Kulit

6 Penyebab Kerusakan Rambut

dr.Dina Kusumawardhani, 03 Feb 2014

Ditinjau Oleh dr. Dina Kusumawardhani

Icon ShareBagikan
Icon Like

Rambut kering, kusam, rapuh, bercabang, sulit diatur, dan rontok adalah masalah yang sering dikeluhkan dan seringkali menyebabkan stres dan tidak percaya diri

6 Penyebab Kerusakan Rambut

Rambut adalah mahkota perempuan, setiap perempuan pasti menginginkan rambut yang sehat dan berkilau. Rambut kering, kusam, rapuh, bercabang, sulit diatur, dan rontok adalah masalah yang sering dikeluhkan dan seringkali menyebabkan stres dan tidak percaya diri.

Saat ini, banyak bermunculan produk-produk perawatan rambut, namun sebelumnya Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan rambut Anda rusak. Menghindari pemicu kerusakan selalu lebih baik daripada mengobati.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

1. Genetik

Rambut rontok dan rambut berwaran putih/beruban pada usia mudabukan berarti hanya disebabkan oleh kondisi rambut yang rusak, mungkin saja Anda memiliki riwayat keluarga dengan kebotakan/uban.

2. Sinar Matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari dapat membuat rambut Anda kering, kusam dan rapuh. Jika Anda memiliki rambut yang tipis, risiko sunburn pada kulit kepala akan meningkat.

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda terpapar sinar matahari dalam waktu lama, sebaiknya gunakan penutup kepala/topi. Produk perawatan rambut yang mengandung sunscreen belum terbukti efektif mencegah paparan sinar matahari.

3. Nutrisi

Rambut membutuhkan protein dan zat besi agar tetap sehat. Selain itu omega-3, zink, dan vitamin A juga dapat mencegah kerontokan rambut. Diet yang terlalu ketat seringkali menyebabkan seseorang kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, pada kondisi ini rambut akan menjadi rusak dan rontok.

4. Zat Kimia dan Panas

Terlalu sering menggunakan pengering rambut, catok, keriting, mewarnai rambut dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan rambut, rambut kehilangan kelembabannya dan tidak berkilau.

Mengeringkan rambut secara alami dengan membiarkannya kering atau dengan kipas angin lebih baik daripada menggunakan pengering rambut. Gunakan produk perawatan rambut yang dapat melindungi rambut dari panas sebelum melakukan pengeringan/catok/keriting.

5. Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas menyebabkan terlalu banyak gesekan yang konsisten pada rambut, selain itu akan mengurangi kelembaban rambut dan membuat rambut kering. Gunakan shampoo yang mengandung pelembab dan conditioner setelah mencuci rambut.

6. Stres

Stres dapat memicu munculnya ketombe dan kerontokan rambut. Namun kerusakan rambut akibat stres biasanya bersifat temporer. Jika stressor (pencetus stres) hilang dan stres mereda, maka kondisi rambut akan kembali seperti semula.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter di KlikDokter.

6 Penyebab Rambut Rusak

Konsultasi Dokter Terkait