Sukses

6 Penyebab Kerusakan Rambut

Rambut adalah mahkota perempuan, setiap perempuan pasti menginginkan rambut yang sehat dan berkilau. Rambut kering, kusam, rapuh, bercabang, sulit diatur, dan rontok adalah masalah yang sering dikeluhkan dan seringkali menyebabkan stres dan tidak percaya diri

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani

Klikdokter.com - Rambut adalah mahkota perempuan, setiap perempuan pasti menginginkan rambut yang sehat dan berkilau. Rambut kering, kusam, rapuh, bercabang, sulit diatur, dan rontok adalah masalah yang sering dikeluhkan dan seringkali menyebabkan stres dan tidak percaya diri. Saat ini, banyak bermunculan produk-produk perawatan rambut, namun sebelumnya Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan rambut Anda rusak. Menghindari pemicu kerusakan selalu lebih baik daripada mengobati.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

  1. Genetik
    Rambut rontok dan rambut berwaran putih/beruban pada usia mudabukan berarti hanya disebabkan oleh kondisi rambut yang rusak, mungkin saja Anda memiliki riwayat keluarga dengan kebotakan/uban.

  2. Sinar Matahari
    Terlalu sering terpapar sinar matahari dapat membuat rambut Anda kering, kusam dan rapuh. Jika Anda memiliki rambut yang tipis, risiko sunburn pada kulit kepala akan meningkat. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda terpapar sinar matahari dalam waktu lama, sebaiknya gunakan penutup kepala/topi. Produk perawatan rambut yang mengandung sunscreen belum terbukti efektif mencegah paparan sinar matahari.

  3. Nutrisi
    Rambut membutuhkan protein dan zat besi agar tetap sehat. Selain itu omega-3, zink, dan vitamin A juga dapat mencegah kerontokan rambut. Diet yang terlalu ketat seringkali menyebabkan seseorang kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, pada kondisi ini rambut akan menjadi rusak dan rontok.

  4. Zat kimia dan panas
    Terlalu sering menggunakan pengering rambut, catok, keriting, mewarnai rambut dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan rambut, rambut kehilangan kelembabannya dan tidak berkilau. Mengeringkan rambut secara alami dengan membiarkannya kering atau dengan kipas angin lebih baik daripada menggunakan pengering rambut. Gunakan produk perawatan rambut yang dapat melindungi rambut dari panas sebelum melakukan pengeringan/catok/keriting.

  5. Terlalu sering keramas
    Terlalu sering keramas menyebabkan terlalu banyak gesekan yang konsisten pada rambut, selain itu akan mengurangi kelembaban rambut dan membuat rambut kering. Gunakan shampoo yang mengandung pelembab dan conditioner setelah mencuci rambut.

  6. Stres
    Stres dapat memicu munculnya ketombe dan kerontokan rambut. Namun kerusakan rambut akibat stres biasanya bersifat temporer. Jika stressor (pencetus stres) hilang dan stres mereda, maka kondisi rambut akan kembali seperti semula.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DK)

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar