Sukses

Pernah Cacar, Lebih Gampang Kena Stroke

Cacar yang dimaksud disini adalah herpes zoster. Sebelas duabelas dengan cacar air, herpes zoster adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus yang sama dengan chicken pox/ cacar air. Gejala yang muncul pada kulit berupa...

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani

Klikdokter.com – Cacar yang dimaksud disini adalah herpes zoster. Sebelas duabelas dengan cacar air, herpes zoster adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus yang sama dengan chicken pox/ cacar air. Gejala yang muncul pada kulit berupa lenting dalam jumlah banyak, kemerahan, dan nyeri. Lenting mirip dengan cacar air, namun tempatnya terlokalisasi sesuai persyarafan, misalnya di sekitar mulut.

Virus varicella zoster (VVZ) primer biasanya mengenai anak-anak dan menyebabkan varicella atau cacar air. Virus ini tidak berbahaya dan dapat diobati. Namun, setelah sembuh, virus ini akan dorman (menetap) pada syaraf dan dapat reaktivasi (kambuh) jika daya tahan tubuh lemah. Reaktivasi spontan oleh VVZ inilah yang disebut herpes zoster.

Menurut studi yang dilakukan di Inggris pada 105.000 pasien herpes zoster, didapatkan kesimpulan bahwa mereka yang  terkena herpes zoster pada usia 18 sampai 40 tahun memiliki risiko 2,4 kali lebih tinggi terkena stroke dan penyakit jantung koroner.

Banyak penelitian yang menunjukkan hasil yang sama. Dari studi yang dipublikasikan di jurnal American Heart Association juga ditemukan orang dewasa yang terkena herpes zoster meningkatkan risiko stroke, terutama jika herpes zoster mengenai daerah mata.

Sekitar 30% pasien dewasa yang terkena herpes zoster terkena stroke beberapa tahun kemudian. Jika herpes zoster mengenai mata, risiko stroke meningkat menjadi 4 kali. Risiko stroke juga lebih besar pada pasien herpes zoster yang merokok dan memiliki kadar kolesterol tinggi.

Mekanisme herpes zoster yang dapat menyebabkan stroke/penyakit jantung belum diketahui dengan pasti. Namun, herpes zoster diduga dapat menyebabkan peradangan pada sistem sirkulasi/pembuluh darah. Peradangan pada pembuluh darah oleh sebab apapun dapat meningkatkan risiko stroke/penyakit jantung.

Vaksin cacar air terbukti dapat menurunkan jumlah kasus herpes zoster dengan begitu risiko penyakit pembuluh darah juga menurun. Maka dari itu disarankan, mereka yang pernah terkena herpes zoster sebaiknya memeriksakan diri secara teratur apakah mereka berisiko terkena stroke.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik Herpes Zoster (cacar), silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DK)

 

0 Komentar

Belum ada komentar