Darah

Mengapa Trombosit Bisa Tinggi?

Tim Redaksi KlikDokter, 30 Jan 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang berfungsi dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit normal dalam tubuh manusia yaitu 200.000-400.000. Bila kurang dari normal dapat menyebabkan perdarahan karena fungsi pembekuan darah pada tubuh berkurang

Mengapa Trombosit Bisa Tinggi?

Oleh: dr. Adithia Kwee

KLIKDOKTER.com - Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang berfungsi dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit normal dalam tubuh manusia yaitu 200.000-400.000. Bila kurang dari normal dapat menyebabkan perdarahan karena fungsi pembekuan darah pada tubuh berkurang.

Masyarakat umumnya hanya mengetahui bahwa bila trombosit turun maka akan berbahaya bagi kesehatan contohnya pada penyakit demam berdarah. Padahal jumlah trombosit yang terlalu tinggi pun dapat pula membahayakan kesehatan kita.

Jumlah trombosit yang lebih dari 400.000 disebut dengan trombositosis. Bila tidak jelas penyebabnya, bukan dikarenakan penyakit lain maka disebut trombositosis esensial. Pada trombositosis esensial, jumlah trombosit seseorang dapat mencapai 1.000.000.  Keadaan ini harus segera ditangani karena trombositosis ini dapat menyebabkan gangguan penyumbatan maupun perdarahan.

Penyakit ini biasa timbiul pada usia tua yaitu 50 – 70 tahun, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada anak-anak dan remaja. Pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa-apa. Biasanya diketahui oleh pasien saat sedang check-up rutin.

Dari hasil pemeriksaan darah dapat diketahui jumlah trombosit pasien. Bila ada gejala, biasanya gejala yang timbul adalah:

  • Penyumbatan

Gejala penyumbatan seperti tangan dan kaki kram.
  • Nyeri dada, atau terjadi stroke

  • Hal ini terjadi karena trombosit yang merupakan faktor pembekuan berkumpul di pembuluh darah karena jumlahnya yang berlebihan sehingga menyumbat aliran darah.
  • Pendarahan

  • Atau dapat pula yang timbul adalah gejala perdarahan seperti perdarahan pada saluran cerna atau perdarahan pada kulit (muncul ruam-ruam kemerahan). Hal ini dapat disebabkan karena trombosit dengan jumlah banyak tersebut berbentuk tidak normal sehingga fungsinya sebagai faktor pembekuan juga terganggu.

    Bila Anda didiagnosis oleh dokter mengalami trombositosis maka tidak perlu panik karena telah tersedia obat-obatan yang mampu menurunkan jumlah trombosit sampai ke batas normal dengan pemberian bertahap. Pemberian obat-obat ini akan diberikan sesuai kebutuhan dan keadaan klinis pasien.

    Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](JF)

    Kenapa?Trombosit Tinggi