HomeGaya hidupSehat dan BugarTetap Sehat Selama Long Weekend
Sehat dan Bugar

Tetap Sehat Selama Long Weekend

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 30 Jan 2014

Ditinjau Oleh dr. Jessica Florencia, Sp.PK

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saatnya tiba untuk melepaskan diri dari kepenatan dan rutinitas harian. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan Anda selama liburan baik Anda bepergian atau hanya sekedar menikmati waktu libur dengan bersantai. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar tetap sehat selama liburan

Tetap Sehat Selama Long Weekend

Tanggal merah menjelang pas di akhir pekan, liburan akan terasa lebih panjang dari biasanya. Tapi sayangnya, hujan dan angin serta suhu dingin sedang senantiasa menyertai kita.

Musim liburan segera menjelang. Saatnya tiba untuk melepaskan diri dari kepenatan dan rutinitas harian. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan Anda selama liburan baik Anda bepergian atau hanya sekedar menikmati waktu libur dengan bersantai. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar tetap sehat selama liburan:

1. Jangan Korupsi Waktu Tidur Anda

Meskipun Anda berlibur, namun jangan habiskan waktu Anda untuk tidur terlalu larut atau hanya tidur beberapa jam saja. Gunakan waktu ini untuk beristirahat dengan layak, bersantai dan jangan membebani diri dengan aktivitas-aktivitas yang akan mengganggu waktu tidur Anda.

2. Perhatikan Apa yang Anda Makan

Waktu libur bukan berarti Anda dapat mengkonsumsi semua jenis makanan. Ini akan membuat Anda kehilangan kontrol. Tetaplah mengkonsumsi makanan sehat, sertakan sayur dan buah. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan batasi makanan berlemak. Camilan instan juga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan karena kandungan bahan pengawet atau pewarna tidak baik untuk kesehatan.

Jika Anda jarang memasak, Anda juga dapat mengambil kesempatan waktu liburan ini untuk memasak makanan sehat dengan bahan-bahan segar dan alami.

Jika Anda bepergian, pastikan Anda tidak makan di sembarang tempat yang dapat membuat Anda sakit.

3. Lupakan Sejenak Pekerjaan Anda

Jangan membawa rincian pekerjaan Anda ke tempat Anda berlibur. Buatlah pemberitahuan bahwa Anda tidak dapat dihubungi sementara waktu kecuali untuk hal yang sangat penting. Dengan melupakan pekerjaan Anda sejenak, Anda akan memperoleh penyegaran untuk kembali bekerja lagi setelah liburan selesai.

4. Persiapkan Kesabaran Anda

Waktu liburan adalah waktu yang ramai di semua tempat hiburan dan wisata yang ada. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan kondisi fisik Anda agar tidak terlalu lelah dan juga mempersiapkan mental Anda untuk menghadapi segala penundaan, antrian atau pelayanan yang lama. Nikmatilah waktu ini dan ingatlah orang-orang lain pun mengalami hal yang sama dengan Anda.

5. Jangan Lupakan Obat-obatan Anda

Jika Anda memiliki obat-obatan yang harus dikonsumsi, jangan lupakan hal ini. Waktu liburan, bepergian atau tidak, biasanya merupakan waktu ‘melupakan rutinitas’ sejenak, seringkali termasuk rutinitas minum obat. Anda tentu saja tidak ingin menjadikan Rumah Sakit/Klinik sebagai salah satu tempat yang harus Anda kunjungi saat berlibur karena Anda melupakan obat-obatan Anda.

Kesehatan tidak mengenal kata libur. Libur atau tidak libur, kita tetap perlu memperhatikan kesehatan kita secara fisik maupun mental sehingga aktivitas apapun yang kita lakukan tetap dapat berjalan dengan baik. Selamat berlibur! Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter KlikDokter di laman utama website kami. (JF)

Tetap Sehat Selama Long Weekend

Konsultasi Dokter Terkait