Sukses

Wajah Kembali Muda dengan Metode PRP

Akhir-akhir ini sering muncul iklan dari klinik-klinik kecantikan yang marak menawarkan terapi terbaru, yakni dengan menggunakan darah yang disebut Platelet Rich Plasma (PRP). Terapi ini ditujukan mencegah terjadinya penuaan pada kulit muka. Sebenarnya apakah PRP itu?

Oleh: Poppy Arifin

KLIKDOKTER.com - Akhir-akhir ini sering muncul iklan dari klinik-klinik kecantikan yang marak menawarkan terapi terbaru, yakni dengan menggunakan darah yang disebut Platelet Rich Plasma (PRP). Terapi ini ditujukan mencegah terjadinya penuaan pada kulit muka.

Sebenarnya apakah PRP itu?
Darah terdiri dari cairan yang disebut plasma dan juga komponen kecil dan padat seperti sel darah merah, sel darah putih, dan platelet.

PRP merupakan plasma darah yang kaya akan platelet, mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) dan sitokin.

Kulit yang cantik, halus,mulus dan lembut di tunjang oleh adanya serat kolagen . Seiring pertambahan usia, elastisitas kolagen tersebut akan menurun sehingga kulit akan terlihat kendur dan timbul keriput.

Penambahan growth factor  pada kulit yang mulai menua, dapat meningkatkan pertumbuhan kulit, meningkatkan elastisitas jaringan kolagen dan memacu proses regenerasi sel.

Proses pengerjaan PRP dilakukan dengan cara mengambil darah melalui intravena sebanyak 30-60ml (sesuai kebutuhan). Sampel darah yang telah dimasukkan ke dalam tabung yang kemudian disentrifugasi (diputar dengan kecepatan tinggi dalam mesin khusus), sehingga akan memisahkan platelet dengan komponen darah lainnya kemudian didapatkan PRP. PRP siap disuntikkan pada bagian wajah hingga meresap ke bagian kulit terdalam.\

Proses PRP Terapi

Beberapa indikasi penyuntikan PRP adalah untuk mengurangi dan memperbaiki kerutan di:

  • sekitar mata,
  • area dahi,
  • cekungan garis senyum,
  • kerutan di sekitar bibir,
  • kerutan di daerah leher
  • Luka bekas cacar atau jerawat. 

Berbeda dengan injeksi menggunakan hyaluronic acid dan bahan lain yang biasa digunakan untuk memperbaiki kerut wajah, pada injeksi yang menggunakan PRP perbaikan terhadap kerut berlangsung secara lebih natural  dan tahan lama. Sebagai terapi anti aging, terapi ini relatif aman karena menggunakan darah pasien sendiri (autologus donor). Yang tetap harus diperhatikan, perawatan ini harus dilakukan langsung oleh dokter ahli yang kompeten.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](PA)

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar