Sukses

Indonesia Ranking 3 Penderita Kusta Terbanyak di Dunia

Indonesia menempati urutan ketiga terbanyak penderita kusta di dunia. Dengan jumlah penderita sebanyak 18,994 orang di tahun 2012 dan India di urutan pertama dunia yang berjumlah 134,752 penderita.

Oleh dr. Alvin Nursalim

KLIKDOKTER.com – Indonesia menempati urutan ketiga terbanyak penderita kusta di dunia. Dengan jumlah penderita sebanyak 18,994 orang di tahun 2012, mengikuti Brazil di urutan kedua yang memiliki angka penderita sebanyak 33.303 orang pada tahun 2012, dan India di urutan pertama dunia yang berjumlah 134,752 penderita. Demikian data yang dipaparkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) edisi terakhirnya (2013).

Mendengar kata Kusta, bagai momok tersendiri di telinga sebagian masyarakat. Padahal layaknya manusia lainnya, penyandang Kusta juga memerlukan perhatian dan pengobatan yang layak. Bulan Januari kembali mengingatkan kita akan pentingnya merangkul dan mengani kasus Kusta dengan baik, karena pada tanggal 27 Januari diperingati sebagai hari Kusta sedunia. Mari kita kenal lebih jauh tentang penyakit satu ini.

Apa itu penyakit Kusta?Kusta adalah penyakit yang disbebkan oleh infeksi Mycobacterium leprae. Kusta menyerang berbagai bagian tubuh, diantaranya saraf, dan kulit.  Nama lain dari penyakit ini adalah Lepra atau Morbus Hansen. Kusta umumnya ditemukan pada negara berkembang, seperti Indonesia.

Apa saja gejala dari penyakit Kusta?Kusta terkenal sebagai penyakit yang paling ditakuti karena deformitas atau cacat tubuh. Namun pada tahap awal kusta, gejala yang timbul dapat hanya berupa kelainan warna kulit. Kelainan kulit yang dijumpai dapat berupa perubahan warna seperti hipopigmentasi (warna kulit menjadi lebih terang), hiperpigmentasi (warna kulit menjadi lebih gelap), dan eritematosa (kemerahan pada kulit).

Pada tahap lanjut, kasus Kusta dapat berkembang menjadi perubahan bentuk kulit berupa penonjolan kulit. Bahkan pada kasus tertentu membuat penyandang kusta kehilangan bentuk wajah aslinya karena perubahan kontur kulit. Gejala lain dari penyakit kusta adalah hilangnya sensasi rasa di kulit. Sehingga penyandang kusta mudah sekali terkena luka karena tidak muncul rasa sakit ketika luka terjadi.

Apa pengobatan penyakit Kusta?Penyakit Kusta dapat disembuhkan. Pengobatan penyakit Kusta adalah dengan pemberian antibiotik yang khusus untuk kuman lepra. Selain itu edukasi juga diperlukan, misalkan edukasi agar penyandang Kusta menjaga kelembaban kulit sehingga tidak mudah terluka, dan menggunakan alas kaki kemanapun untuk mencegah luka pada kaki.

Apa anggapan masyarakat yang salah tentang penyakit Kusta?Dengan urutan ketiga terbanyak di dunia, tidak heran masyarakat kerap menganggap bahwa penyakit Kusta adalah penyakit menular dan penyandang Kusta perlu diisolasi. Padahal Kusta merupakan penyakit yang sulit menular khususnya jika sudah mendapatkan pengobatan. Penyandang Kusta perlu dirangkul agar memiliki kehidupan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan masyarakat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AN)

 

Baca juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar