Sukses

Global Diabetes Forum 2014: Indonesia No.7 Terbanyak Penderita Gula Darah

Sedikitnya 8,5 juta penduduk Indonesia adalah penderita diabetes. Angka tersebut disampaikan oleh Ketua PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) Prof. dr. Sidhartawan Soegondo, PhD., FACE. pada kesempatan jumpa pers Global Diabetes Forum 2014 yang diselenggarakan oleh Kalbe pada Sabtu (18/1) di Kuta, Bali.

Klikdokter.com – Sedikitnya 8,5 juta penduduk Indonesia adalah penderita diabetes. Angka tersebut disampaikan oleh Ketua PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) Prof. dr. Sidhartawan Soegondo, PhD., FACE. pada kesempatan jumpa pers Global Diabetes Forum 2014 yang diselenggarakan oleh Kalbe pada Sabtu (18/1) di Kuta, Bali.

Hal yang lebih mengkhawatirkannya lagi, 70% dari angka tersebut sebelumnya tidak menyadari kalau dirinya memiliki kadar gula darah yang tinggi. “Mereka (penderita diabetes –Red) kebanyakan datang ketika gejala sudah muncul, ya kesemutan, luka susah sembuh, sering pusing, gampang capek, tangan kaki bengkak-bengkak. Dan sedihnya lagi, mereka tidak sadar kalau itu adalah diabetes yang mengancam jiwa,” jelas Prof. Sidhartawan.

Hal senada disampaikan oleh dr. Saukhat M. Sadikot, Elected President IDF (International Diabetic Federation) pada kesempatan yang sama, “Pada dua tahun yang lalu, India merupakan negara dalam urutan nomor pertama terbanyak penderita diabetes di dunia. Namun kini ‘prestasi’ itu diraih oleh China dan menggeser India ke urutan kedua. Setiap 7 detik satu orang meninggal dunia karena diabetes. Itu baru yang terdeteksi dan terdata, dan saya yakin ada masih banyak korban jiwa diabetes yang tidak menyadari sebelumnya dirinya memiliki diabetes. Sangat memprihatinkan”

Global Diabetes Forum 2014

Berangkat dari keprihatinan bersama itu, PT. Kalbe Farma, Tbk. berinisiatif membuat acara tahunannya Global Diabetes Forum 2014 dengan mengambil tema 'Take A Step For Diabetes'. Forum ini dihadiri 127 praktisi medis dari pakar dan ahli diabetes termasuk didalamnya Diabetologis, Ahli Penyakit Dalam, Spesialis Gizi Klinik dan praktisi medis lainnya yang berperan dalam bidang Diabetes. Mereka berasal dari Indonesia, Filipina, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Srilanka dan Mongolia.

Forum ini diadakan untuk membangun komunikasi dan menentukan langkah dasar guna terbentuk sistem penanggulangan dan antisipasi dini diabetes melalui jangkauan internasional. Karena lebih sulit menangani diabetes daripada mencegahnya. Cukup rutin kontrol gula darah, kemudian konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA)

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar