Sukses

Olahraga Angkat Beban

Secara umum terdapat dua jenis olahraga, yaitu olahraga aerobik (seperti berjalan cepat, senam dan jogging), dan olahraga resistensi angkat beban. Kedua jenis olahraga ini memiliki keuntungan masing-masing. Dalam artikel ini akan dibahas berbagai manfaat dari olahraga mengangkat beban...

KLIKDOKTER.com - Olahraga sudah terbukti dapat meningkatkan kesehatan Anda. Berbagai penelitian sudah mendokumentasikan keuntungan dari olahraga rutin. Apabila Anda pergi ke berbagai pusat kebugaran (fitness centre), maka Anda akan menjumpai berbagai peralatan dengan fungsi yang berbeda. Secara umum terdapat dua jenis olahraga, yaitu olahraga aerobik (seperti berjalan cepat, senam dan jogging), dan olahraga resistensi angkat beban. Kedua jenis olahraga ini memiliki keuntungan masing-masing. Dalam artikel ini akan dibahas berbagai manfaat dari olahraga mengangkat beban.

  1. Meningkatkan kekuatan tulang
    Dengan pemberian tekanan dengan berat tertentu maka otot akan terangsang untuk membentuk sel otot baru yang akhirnya berguna untuk meningkatkan kekuatan tulang. Olahraga juga merupakan salah satu cara untuk mencegah osteoporosis lho!

  2. Meningkatkan kekuatan otot
    Otot Anda hanya akan terlatih sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak ada rangsangan berupa beban, maka bentuk otot Anda akan kecil dan tidak berkembang. Namun ketika Anda melatih otot Anda untuk mengangkat beban, maka otot Anda akan bertambah besar ukuran dan kekuatannya.

1 dari 2 halaman

Manfaat Olahraga Angkat Beban

3. Menjaga berat ideal
Melatih otot tentu akan menggunakan sejumlah kalori tubuh dan membakar lemak tubuh Anda. Berat badan ideal tentu merupakan faktor pelindung dari berbagai penyakit metabolik seperti diabetes dan komplikasinya seperti penyakit jantung koroner.

4, Meningkatkan stamina
Olahraga beban secara teratur akan melatih kekuatan jantung Anda. Latihan teratur akan memberikan jantung Anda kekuatan, sehingga Anda tidak cepat lelah, dan stamina terjaga lebih lama.

5. Membentuk tubuh
Olahraga beban akan memberikan bentuk otot yang lebih nyata. Sehingga tubuh Anda akan lebih berlekuk dengan lapisan otot yang terlihat. Perlu Anda ingat bahwa lapisan lemak yang tebal akan menutup tekstur otot Anda, hal inilah yang menyebabkan orang dengan komposisi lemak yang tinggi terlihat gemuk.

6. Meningkatkan rasa percaya diri
Keadaan stamina fisik dan mental yang baik akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Rasa percaya diri pada akhirnya akan berakibat pada peningkatan produktivitas Anda dalam bekerja.

Manfaat yang paling penting dari olahraga beban adalah manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan. Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa olahraga baru memberikan hasil jika dilakukan secara teratur dan dilakukan dalam waktu cukup lama. Jadi biasakanlah diri Anda untuk berolahraga rutin untuk fisik dan mental yang sehat.

Baca juga:

Nyeri Otot Setelah Fitness? Makanlah Semangka!

Ingin Seks Hot? Lakukan Olahraga Ini!

Cedera Olahraga? Jangan Asal Urut!

5 Tips Memulai Berolahraga

0 Komentar

Belum ada komentar