Sukses

Wanita Lebih Gampang Kena Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang memiliki angka kejadian yang tinggi, terutama bagi mereka yang wanita. Apa yang menyebabkan wanita lebih sering terpapar? Simak penuturan dr. Adithia Kwee berikut ini...

Oleh: dr. Adithia Kwee

KLIKDOKTER.com – Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang memiliki angka kejadian yang tinggi, terutama bagi mereka yang wanita. Apa yang menyebabkan wanita lebih sering terpapar?

Saluran kencing wanita memiliki ukuran lebih pendek (sekitar 4 cm) dibandingkan dengan saluran kencing pria, yakni sekitar 12 cm. Hal inilah yang menjadi penyebab utama. Dengan memiliki saluran kencing yang lebih pendek, bakteri E.coli, agen infeksius yang paling sering menjadi penyebab infeksi saluran kemih lebih mudah memanjat ke dalam saluran kemih yang pendek.

Pencegahan

Pada prinsipnya langkah-langkah menjaga kebersihan vagina adalah kunci yang utama. Namun dewasa ini infeksi saluran kemih dapat dicegah melalui pemilihan menu makanan. Salah satu makanan yang dapat mencegah infeksi saluran kemih yang populer saat ini adalah buah cranberry.

Sekalipun belum begitu populer di Indonesia, peminatnya sudah banyak. Dimakan langsung atau dijus, begitulah cara kebanyakan orang menikmati buah cranberry.  Buah kecil ini selain nikmat dimakan, juga memiliki khasiat menguntungkan bagi kesehatan kita. Ya, buah cranberry dapat mencegah dan meringankan gejala dari infeksi saluran kemih.

Bagaimana buah mungil ini dapat melawan infeksi saluran kemih? Buah cranberry yang belum diproses ternyata mengandung anthocyanidins, yang mana berperan mencegah bakteri E.coli menempel pada saluran kemih. Nah, anthocyanidins di dalam buah cranberry tadi yang menghalangi sang bakteri untuk menginfeksi saluran kemih. Luar biasa bukan?

Sebagian mempercayai bahwa buah cranberry juga dapat mengobati kanker dan menurunkan panas tubuh saat kita demam, walaupun hingga saat ini belum ada penelitian yang jelas mengenai kedua hal itu. Bagi Anda yang menderita diabetes, hati-hati dalam mengkonsumsi jus cranberry, rasa asam yang murni didapat dari buah cranberry seringkali memaksa si pembuat jus untuk menambahkan pemanis agar jus ini lebih mudah dinikmati.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](AK)

 

Baca Juga:

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar