Sukses

Sederet Manfaat Sehat Buah Anggur

Buah anggur punya banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari untuk mencegah konstipasi hingga mengurangi gejala alergi. Simak selengkapnya di sini.

Buah anggur tentu sudah akrab di telinga Anda. Buah ini juga dapat dengan mudah Anda peroleh di supermarket ataupun pasar dekat rumah. Selain populer karena rasanya yang lezat dan manis, manfaat anggur cukup banyak, lho

Kandungan polifenol pada buah anggur adalah senyawa yang memberikan warna pada sayur ataupun buah. Polifenol ini berperan sebagai antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh sekaligus memberikan perlindungan dari berbagai penyakit.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat anggur yang jarang diketahui:

1. Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu manfaat anggur adalah dapat melindungi Anda dari risiko kanker. Kandungan polifenol yang terdapat pada buah anggur berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Salah satu bentuk polifenol adalah resveratrol, yang kerap ditemukan pada anggur merah. 

Resveratrol ini mampu menurunkan risiko tumor kelenjar getah bening, hati, payudara, kolon serta kanker kulit. Selain resveratrol, ada pula kuersetin yang dipercaya dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.

Artikel Lainnya: Buah Anggur: Beda Warna, Beda Manfaat Sehat

1 dari 5 halaman

2. Meningkatkan Gen Pembasmi Kuman

Manfaat anggur dalam meningkatkan gen pembasmi kuman telah diteliti di Amerika Serikat. Penelitian tersebut menemukan bahwa buah bluberi mengandung senyawa pterostilbene.

Senyawa ini dapat meningkatkan aktivitas dari gen cathelicidin antimicrobial peptide (CAMP). Gen CAMP ini dapat memproduksi protein yang membantu membasmi infeksi bakteri.

Penelitian tersebut melakukan pengujian terhadap beberapa senyawa dan dicari hubungannya dengan aktivasi gen CAMP. Hasilnya, terdapat dua senyawa yang meningkatkan aktivitas dari CAMP, yaitu resveratrol dan pterostilbene. 

Resveratrol banyak terkandung dalam kulit buah anggur sehingga terdapat juga pada minuman anggur. Sementara, pterostilbene banyak dijumpai pada bluberi dan anggur.

Artikel Lainnya:  Sering Dilepeh, Ternyata Biji Anggur Ada Manfaatnya!

2 dari 5 halaman

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat anggur juga terkait dengan penyakit jantung. Pada penelitian terhadap binatang ditemukan bahwa resveratrol dan kuersetin dapat menurunkan risiko atheroskelosis dan melindungi kerusakan akibat kolesterol jahat. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dapat dikurangi. 

Selain itu, anggur mengandung serat dan potasium sehingga manfaat anggur ikut berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Terkait hal tersebut, The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk memperbanyak konsumsi potasium dan mengurangi konsumsi sodium agar kesehatan kardiovaskular terjaga. 

4. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah anggur selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Hal ini tentu dapat menjadi kabar baik bagi penderita hipertensi.

Khasiat anggur yang satu ini diperoleh dari tingginya kadar potasium dalam anggur. Dengan begitu, buah ini dapat membantu menurunkan efek buruk dari konsumsi sodium dalam menu diet harian. 

5. Mencegah Konstipasi

Manfaat anggur juga dapat mencegah terjadinya konstipasi. Sebab, anggur mengandung banyak air dan serat yang dapat menghidrasi tubuh. 

Dengan begitu, manfaat anggur dapat membuat gerakan usus lebih reguler dan risiko terjadinya konstipasi pun menurun. 

Artikel Lainnya: Jangan Dihindari, Konsumsi Buah Anggur saat Hamil Menyehatkan, Lho!

3 dari 5 halaman

6. Mengurangi Gejala Alergi

Buah anggur memiliki efek antiinflamasi dari quercetin. Selain membantu menurunkan risiko penyakit kanker, efek antiinflamasi ini juga dapat menekan gejala alergi.

Nah, terkait dengan hal itu, beberapa peneliti menyatakan bahwa manfaat anggur dapat membantu meringankan gejala alergi, termasuk pilek, mata berair, dan gatal-gatal.

7. Aman bagi Penderita Diabetes

Anggur mengandung kadar gula yang relatif tinggi. Oleh sebab itu, beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah manfaat anggur dapat dirasakan oleh penderita diabetes?

Nah, terkait pertanyaan tersebut, American Diabetes Association menyatakan bahwa konsumsi anggur dan buah-buahan lainnya diperbolehkan selama memperhitungkan asupan karbohidrat harian. 

Jika dibandingkan dengan konsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung gula tambahan, buah-buahan manis tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi. Jadi, bagi Anda yang memiliki diabetes, juga bisa merasakan manfaat anggur. 

8. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat anggur untuk kesehatan mata tidak bisa begitu saja Anda lewatkan. Pasalnya, buah ini mengandung antioksidan lutein dan zeaksantin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Fungsi antioksidan akan mengurangi stres oksidatif yang terjadi dalam tubuh, salah satunya pada retina. Kerusakan retina tentunya akan menyebabkan kesehatan mata terganggu. 

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa resveratrol dapat melindungi dari berbagai masalah mata, termasuk degenerasi makula terkait usia, glaukoma, katarak, dan lainnya.

Artikel Lainnya: Beragam Manfaat Anggur Merah untuk Kecantikan

4 dari 5 halaman

9. Mengobati Jerawat

Resveratrol membuat manfaat anggur baik bagi kesehatan kulit. Salah satu bentuk polifenol yang terdapat pada buah anggur ini telah terbukti mampu mengobati jerawat.

Hasil penelitian in vitro yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology and Therapy mengklaim bahwa resveratrol dapat membantu mengobati jerawat, terutama jika digunakan dengan benzoyl peroxide sebagai pengobatan topikal.

10. Mengatasi Kondisi Medis Lainnya

Khasiat anggur juga disebut-sebut dapat mengatasi kondisi medis lain. Anggur dipercaya dapat mengurangi risiko Alzheimer, osteoarthritis, serta meningkatkan sistem imun.

Nah, setelah mengetahui manfaat anggur, tentu tidak ada salahnya menambahkan buah ini sebagai camilan sehat Anda. Selain memperoleh khasiatnya, Anda juga tidak akan menolak buah yang lezat ini, bukan?

Manfaat anggur bisa diperoleh jika Anda mengonsumsinya secara wajar dan dengan pengolahan yang baik. Buah ini paling baik jika dikonsumsi langsung (mentah). Tentunya buah anggur harus dicuci bersih dulu sebelumnya, ya!

Dapatkan informasi kesehatan yang menarik lainnya hanya di aplikasi KlikDokter.

[WA]

1 Komentar