Sukses

Cranberry Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Sebuah studi terbaru membuktikan bahwa cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih. Salah satu studi analisa terbesar saat ini (menganalisa 24 studi dengan pasien lebih dari 4,400 yang dipublikasikan tahun 2012) menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa cranberry mempunyai efek positif terhadap pencegahan infeksi saluran kemih. Simak lebih lebih lengkapnya oleh dr. Dewi Ema Anindia disini

Oleh: dr.  Dewi Ema Anindia

KLIKDOKTER.com - Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) berjuta-juta warga dunia terutama wanita menderita infeksi saluran kemih setiap tahunnya. Sebuah studi terbaru membuktikan bahwa cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih. Salah satu studi analisa terbesar saat ini (menganalisa 24 studi dengan pasien lebih dari 4,400 yang dipublikasikan tahun 2012) menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa cranberry mempunyai efek positif terhadap pencegahan infeksi saluran kemih.

Meskipun selama ini pendapat mengenai efek dari cranberry untuk infeksi saluran kemih masih misteri, namun menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari McGill University yang dipimpin oleh Profesor Nathalie Tufenkji mencoba menjawabnya. Mereka melakukan penelitian untuk melihat efek dari cranberry terhadap dua kuman yang paling sering menyebabkan infeksi saluran kemih; yaitu Escherichia-coli dan Proteus-mirabilis. Penelitian ini menghasilkan sebuah teori bahwa cranberry tidak dapat membunuh kuman namun membatasi pergerakan dan penyebaran kuman.

Seperti yang disebutkan sebelumnya pada Journal of Microbiology bahwa kuman P.mirabilis mengeluarkan flagella (kaki) yang dapat membantu mereka berkoloni dan menyebar. Tufenkji dkk., menemukan bahwa cranberry dapat mencegah pertumbuhan flagella dan membuat kuman sulit bergerak. Cranberry juga dapat menurunkan produksi bahan kimia bernama “urease” yang berpengaruh terhadap perburukan penyakit. Penemuan ini sangat penting sebab kuman P. mirabilis merupakan kuman yang paling sering meyebabkan infeksi saluran kemih dari kateter. Atas dasar ini Tufenkji melakukan eksperimen dengan membuat kateter yang sudah diberikan cranberry dan Ia berkata bahwa cranberry dapat mencegah bakteri menyebar pada kateter.

Tufenkji menemukan bahwa pada cranberry terdapat suatu bahan kimia yang dinamakan proanthocyanidins (PACs) yang dapat mencegah E.coli untuk menumbuhkan flagel. “Menghambat bakteri sangat penting sebab dapat membantu mencegah replikasi dari bakteri”. Tufenkji tetap berpendapat bahwa tetap untuk mengobati infeksi saluran kemih memerlukan antibiotik namun penemuan ini merupakan awal dari misteri yang selama ini beredar mengenai efek dari cranberry terhadap infeksi saluran kemih.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

Baca juga:

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar