Sukses

Obat Baru untuk Sunburn

Anda suka berjemur? TIdak jarang Anda pernah mengalami sunburn (nyeri kulit akibat terbakar matahari). Tapi kini ditemukan cara baru untuk menghilangkan nyeri sunburn. Simak selengkapnya dari dr. Dewi Ema Anindia disini.

 

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Klikdokter.com - Anda suka berjemur? TIdak jarang Anda pernah mengalami sunburn (nyeri kulit akibat terbakar matahari).  Tapi kini ditemukan cara baru untuk menghilangkan nyeri sunburn.

 

Wolfgang Liedtke seorang neurologis dari Duke University, menemukan sebuah mokekul yang dinamakan TRPV 4 dimana bila molekul ini dihambat maka nyeri yang timbul akibat terbakar oleh karena sinar matahari  atau sunburn dapat dieliminasi.

Sunburn biasanya ditimbulkan oleh radiasi akibat sinar ultraviolet B (UVB) yang dapat merusak lapisan terluar dari kulit yang mengakibatkan kemerahan dan rasa terbakar. Dalam jumlah yang sedikit paparan terhadap UVB terkadang menguntungkan, dalam hal membantu proses pembuatan vitamin D di tubuh. Namun paparan yang berlebih dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan kulit. Penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), Liedtke dan kolega menemukan bahwa mereka dapat menghambat proses iritasi kulit akibat UVB.

UVB mengiritasi kulit dengan mengaktivasi molekul TRPV4 yang mengakibatkan stimulasi ion kalsium yang memicu produksi molekul bernama endothelin yang mengakibatkan nyeri dan gatal. Mereka menunjukkan bahwa suatu bentuk lotion yang mengandung bahan eksperimen dari mereka yang berguna menghambat molekul diatas dapat mengurangi merah dan nyeri akibat matahari.

Hasil dari penelitian ini merupakan suatu tahap yang penting untuk penelitian berikutnya, nah walaupun lotion yang mengandung cairan untuk menghambat molekul ini belum ada, yang Anda dapat lakukan untuk menghindari nyeri dan merah saat ini adalah dengan menggunakan tabir surya atau menghindari matahari antara jam 10.00 pagi hingga jam 3.00 siang.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

 

Baca juga:

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar