Sukses

4 Tips Menggunakan Toilet Kotor

Sebagai warga kota besar yang menghabiskan sebagian besar waktu di luar rumah, kita harus menghadapi situasi dimana kita harus sering menggunakan toilet umum. Kecuali pada pusat perbelanjaan yang megah, yang toilet umumnya bersih nan wangi, apakah dijamin kita tidak dapat tertular penyakit di toilet umum?

Oleh: dr.Puti Naindra Alevia

Klikdokter.com - Sebagai warga kota besar yang menghabiskan sebagian besar waktu di luar rumah, kita harus menghadapi situasi dimana kita harus sering menggunakan toilet umum. Kecuali pada pusat perbelanjaan yang megah, yang toilet umumnya bersih nan wangi, apakah dijamin kita tidak dapat tertular penyakit di toilet umum?

Memang banyak mikroorganisme yang berkeliaran di toilet umum, dari yang namanya familiar seperti streptocococcus, staphylococcus, E. coli, hepatitis A, virus common cold, dan organism penyakit menular seksual. Namun, bila sistem pertahanan tubuh prima dan kita mempraktikkan cuci tangan yang baik, kecil kemungkinannya untuk jatuh sakit gara-gara terpajan berbagai mikroorganisme kasat mata tersebut.

Jangan khawatir dengan dudukan toilet. Benda itu bukan merupakan objek transmisi infeksi ke manusia yang umum. Sebagian besar organisme hanya dapat hidup dalam waktu sebentar di permukaan dudukan toilet sehingga sangat kecil kemungkinannya kita tertular penyakit. Organisme tersebut harus masuk melalui saluran kencing atau genital, atau melalui luka pada bokong atau paha. Bakteri pada tinja dapat disemprotkan ke udara ketika toilet disiram, Karena itu sebaiknya segera tinggalkan WC setelah menyiram toilet.

Berikut tips untuk menghindari penyakit dari toilet umum:

  • Cuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 – 30 detik .
  • Jangan sentuh penyiram toilet. Gunakan kaki Anda.
  • Setelah mencuci tangan, gunakan kertas tissue untuk mematikan keran dan membuka pintu WC.
  • Jika menggunakan pengering tangan, jangan sentuh permukaan alat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Selamat mempraktikkan!(PNA)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar