Sukses

5 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Leher

Bagi pemudik yang mengemudikan kendaraan, info mudik sehat bebas nyeri leher akibat menyetir akan sangat berguna. Simak selengkapnya oleh dr. Jessica Florencia disini.

Oleh: dr. Jessica Florencia

Mengemudi merupakan salah satu penyebab nyeri leher. Apalagi mengemudi jarak jauh. Ketika Anda akan bermudik dan Anda bertugas menyetir kendaraan, maka ada satu hal yang perlu Anda perhatikan: postur. Penyebab paling utama nyeri leher karena mengemudi adalah karena postur mengemudi yang buruk. Untuk mencegah nyeri leher karena mengemudi, usahakanlah agar posisi kepala dan tulang belakang Anda tetap sejajar. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah nyeri leher.

 
  1. Atur tempat duduk Anda sehingga kursi setir Anda membentuk sudut sekitar 100 derajat. Posisikan tangan Anda pada setir agar posisi lengan Anda menjadi senyaman mungkin. Posisi yang direkomendasikan adalah kedua tangan pada posisi jam 3 dan jam 9 setir Anda.
  2. Menjaga agar posisi kepala Anda sedikit ke belakang akan menjaga otot-otot leher tetap rileks.
  3. Usahakan jangan membungkuk, memajukan kepala atau menengok terlalu sering karena akan membuat otot leher menjadi tegang. Atur posisi kursi dan posisi spion dengan baik. Pastikan penglihatan Anda dalam keadaan baik sehingga tidak menyebabkan pandangan kabur dan mengakibatkan posisi memajukan kepala atau membungkuk sepanjang mengemudi.
  4. Hindari mengangkat telepon dengan menjepitnya antara telinga dan pundak.
  5. Beristirahatlah setelah 3-4 jam mengemudi untuk melemaskan otot sebelum kembali melanjutkan mengemudi.
 
Bila Anda merasakan nyeri leher yang berkepanjangan, berhentilah mengemudi. Anda mungkin membutuhkan obat anti nyeri oles atau minum untuk membantu meredakan nyeri leher Anda. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaanAnda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar