Sukses

Makanan Sehat untuk Berpuasa

Bila tidak berhati-hati memilih makanan untuk dikonsumsi pada saat bulan puasa, bukannya menurunkan berat badan malahan Anda akan mengalami kenaikan berat badan. Simak lebih lengkap disini.
Oleh: dr. Jessica Florencia
 
Bila tidak berhati-hati memilih makanan untuk dikonsumsi pada saat bulan puasa, bukannya menurunkan berat badan malahan Anda akan mengalami kenaikan berat badan. Untuk itu, Anda dan keluarga perlu lebih teliti memilah-milah makanan untuk disajikan saat sahurdan berbuka.
 
Makanan-makanan sehat yang dikonsumsi pada saat bulan puasa harusnya tidak berbeda jauh dengan makanan-makanan yang dikonsumsi pada hari-hari biasa. Makanan-makanan tersebut harus mengandung karbohidrat, protein dan lemak serta vitamin, mineral dan serat yang berimbang. Beberapa jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi saat Bulan Puasa yang dapat melepaskan energi dalam jangka waktu cukup lama adalah:
  1. Makanan dengan karbohidratkompleks: Gandum, kacang-kacangan, umbi-umbian, nasi.
  2. Makanan tinggi serat: Gandum, kentang dengan kulit, sayuran seperti kacang hijau, dan semua jenis buah-buahan.

Beberapa jenismakanan yang perlu dihindari pada saat Bulan Puasa:

  1. Makanan yang diproses dengan pembakaran cepat dan mengandung karbohidrat sederhana; seperti makanan dengan gula tinggi dan dibuat dari tepung beras.
  2. Makanan dengan lemak tinggi; seperti kue-kue, biskuit, coklat dan makanan manis lainnya.
  3. Makanan yang digoreng rendam.
  4. Makanan atau minuman mengandung kafein; teh, kopi dan minuman kola yang mengandung kafein dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh lebih cepat lewat urinasi (buangan air kecil).
 
Pada saat sahur, pastikan makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang dapat menyediakan energi untuk waktu cukup panjang namun tidak terlalu berat misalkan: bahan makanan dari gandum, sayuran dan buah yang dicerna lebih lambat sehingga menghasilkan pelepasan energi yang konstan pada saat berpuasa.
 
Pada saat berbuka, mulailah dengan mengkonsumsi cairan untuk rehidrasi dan menurunkan derajat rasa lapar. Pilihlah makanan yang dikukus, direbus, dipanggang atau ditumis ketimbang dengan makanan yang digoreng atau digoreng rendam.
 
Pastikan puasa Anda adalah puasa sehat lahir dan batin. Jika Anda mengalami keluhan apapun mengenai aktivitas puasa Anda, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter Klikdokter.com kami. Selamat berpuasa! (JF)
 
Source:
1.        NHS Choices. Guide to healthy fasting. [Available from: www.nhs.uk/Livewell/Healthyramadan/Pages/fastingandhealth.aspx]
 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar