Sukses

Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Begitu mendapati kabar gembira bahwa dirinya sedang hamil pada umumnya para wanita langsung terfokus pada kehamilannya, terutama dalam hal menjaga kesehatan kandungan dan mempersiapkan segala sesuatu bagi kedatangan sang buah hati...

Oleh: drg. Martha Mozartha, Msi

KlikDokter.com - Begitu mendapati kabar gembira bahwa dirinya sedang hamil pada umumnya para wanita langsung terfokus pada kehamilannya, terutama dalam hal menjaga kesehatan kandungan dan mempersiapkan segala sesuatu bagi kedatangan sang buah hati. Satu hal yang kerap terabaikan adalah kesehatan gigi dan mulut. Padahal perawatan gigi dan mulut sangat penting, terutama pada masa kehamilan.

Perubahan Hormonal

Wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormon yang drastis. Jumlah hormon progesteron meningkat dan hal ini membawa dampak yang besar bagi rongga mulut. Jaringan lunak mulut menjadi lebih rentan terhadap peradangan, terutama gusi, yang ditandai dengan gusi bengkak, berwarna merah terang, dan mudah berdarah. Penyebab utama dari radang gusi (gingivitis) adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Oleh karena itu, wanita hamil yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya akan semakin beresiko untuk mengalami gingivitis, meski tingkat keparahannya pada masing-masing orang berbeda-beda.

Perubahan Pola Makan

Selama kehamilan, para ibu umumnya cepat merasa lapar dan cenderung makan dan minum lebih banyak sepanjang hari. Ada juga para ibu yang memiliki kesukaan akan makanan tertentu saat sedang hamil. Jika asupan yang dikonsumsi tinggi kandungan gula, resiko terjadinya karies gigi akan meningkat. Karies gigi yang berlanjut menjadi lubang pada gigi yang dibiarkan dan semakin dalam akan menyebabkan sakit gigi, dan kemungkinan infeksi terus berlanjut ke jaringan pendukung gigi. Pada kasus seperti ini, perawatannya dapat melibatkan pemeriksaan foto rontgen yang sebaiknya tidak dilakukan pada wanita hamil karena menyebabkan janin terpapar radiasi.

Rasa Mual Menyebabkan Malas Menyikat Gigi

Di awal masa kehamilan, para ibu biasanya mengalami rasa mual dan sering muntah. Pada sebagian orang, rasa mual tersebut dirasakan cukup berat dan berlangsung tidak hanya di pagi hari namun dapat terjadi sewaktu-waktu. Kondisi ini terkadang membuat para ibu menjadi malas menyikat gigi, karena khawatir rasa mual semakin menjadi-jadi. Akibatnya, plak (kotoran) gigi tidak dibersihkan dengan baik dan lama kelamaan akan mengeras menjadi karang gigi. Akumulasi karang gigi yang menjadi tempat bakteri berkembang biak menyebabkan gusi semakin meradang, bahkan merusak tulang sehingga pada tingkat lanjut dapat menyebabkan kegoyangan gigi.

Berbagai penelitian telah menunjukkan hubungan kebersihan mulut yang buruk pada ibu hamil dengan kelahiran bayi prematur atau berat badan lahir bayi kurang dari normal. Dengan demikian, kebersihan gigi sangat penting diperhatikan. Selain kontrol rutin ke dokter spesialis kandungan, ibu hamil juga perlu memeriksakan diri  ke dokter gigi.[](MM)

 

Referensi: berbagai sumber.

 

0 Komentar

Belum ada komentar