Sukses

Mengurangi Risiko Kanker

Pada tahun 2009, 156.900 orang di Inggris meninggal akibat kanker. Tidak ada cara yang dibuktikan dapat mencegah kanker, namun hingga saat ini yang dapat dilakukan adalah mengurangi risiko untuk terkena kanker. Solusinya adalah dengan hidup sehat. Hal-hal yang Anda dapat lakukan adalah...

Oleh: dr. Ema Anindia

KlikDokter.com - Pada tahun 2009, 156.900 orang di Inggris meninggal akibat kanker. Tidak ada cara yang dibuktikan dapat mencegah kanker, namun hingga saat ini yang dapat dilakukan adalah mengurangi risiko untuk terkena kanker. Solusinya adalah dengan hidup sehat.  Hal-hal yang Anda dapat lakukan adalah :

  1. Konsumsi makanan sehat > Hingga saat ini tidak ada makanan atau suplemen khusus yang dapat mencegah perkembangan kanker, namun ada beberapa penelitian yang menghubungkan beberapa jenis makanan dengan penurunan risiko kanker. Cobalah untuk :
  • Meningkatkan konsumsi buah dan sayur : cobalah makan paling sedikit 5 porsi dalam sehari.
  • Meningkatkan konsumsi roti, nasi, kentang, pasta dan makanan lain mengandung banyak serat
  • Mengurangi konsumsi produk daging, ikan, telur, dan produk yang mengandung protein lainnya
  • Mengurangi konsumsi produk susu (susu, mentega)
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak atau gula, seperti kue dan biskuit
  1. Menjaga berat badan > Di Inggris, lebih dari 60% populasi kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dapat memicu beberapa jenis kanker seperti : kanker usus, pankreas, esophagus, payudara, rahim dan ginjal. Coba hitung Indeks Masa Tubuh (IMT) anda, dan cobalah agar berada dalam area normal!

  1. Kurangi konsumsi alkohol > Wanita tidak boleh mengkonsumsi alkohol lebih dari 2-3 gelas dalam sehari dan pria sebaiknya mengkonsumsi lebih dari 3-4 gelas sehari. Alkohol terkait terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker mulut, tenggorokan, esophagus, usus, anus, payudara, dan hati.

  1. Berhenti merokok > Kanker paru-paru bertanggung jawab untuk ¼ kematian akibat kanker di Inggris tiap tahunnya, dan 90% kasus kanker paru-paru dihubungkan dengan merokok. “Berhenti merokok sangat mengurangi risiko kanker paru-paru, semakin muda berhenti, semakin baik, namun tidak ada kata terlambat untuk berhenti” kata Hazel Nunn, seorang dokter dari Cancer Reasearch UK.

  1. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari> Pintar melindungi diri terhadap matahari dapat mencegah kanker kulit, dengan cara :

  • Coba jangan terkena matahari dari pukul 11 pagi – 3 siang
  • Coba jangan sampai “terbakar”
  • Tutupi diri dengan kacamata, topi atau baju bila tereskpos dengan sinar matahari yang tajam
  • Gunakan sunblock dengan SPF paling sedikit 15
  • Serta kenalilah tubuh anda, bila ada tahi lalat atau perubahan warna kulit yang semakin besar dan berdarah, hendaklah hubungi dokter anda segera![](EA)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar