Sukses

Deteksi & Perawatan Eksim Anak

Saat bayi Anda gatal dan memiliki kulit yang kering dan membuatnya terus menggaruk setiap saat, tentu Anda akan melakukan segala cara untuk mengurangi ketidaknyamanannya...

Oleh: dr. Nadia Octavia

KlikDokter.com - Saat bayi Anda gatal dan memiliki kulit yang kering dan membuatnya terus menggaruk setiap saat, tentu Anda akan melakukan segala cara untuk mengurangi ketidaknyamanannya.

Mandikan anak secara rutin

Kebanyakan dokter kulit menyarankan agar bayi Anda dimandikan setiap hari jika memiliki eksim. Dengan mandi atau berendam, akan menambahkan kelembaban pada kulit bayi yang kering dan mengurangi resiko infeksi dari bakteri.

Gunakan sabun yang bebas pengharum dan memang ditujukan untuk kulit yang sensitif. Mandikan bayi selama 5-10 menit, keringkan dan berikan pelembab.

Gunakan pelembab secara rutin

Untuk mengurangi kulit kering dan bayi terus menggaruk, aplikasikan pelembab pada kulit bayi setidaknya dua kali sehari. Kulit yang kering akan membuat eksim dan peradangan bertambah parah. Pelembab akan mengurangi lingkaran "gatal dan menggaruk". 

Pelembab berbahan dasar krim dan salep akan bekerja lebih baik pada kulit bayi Anda dibandingkan dengan lotion. Jika dokter Anda meresepkan krim untuk mengurangi gatal, gunakan terlebih dahulu sebelum pemakaian pelembab.

Hindari bahan 'natural'

Produk berbahan organik dan alami memang populer digunakan, tetapi kebanyakan produk berbahan alami yang berasal dari tumbuhan dapat menyebabkan reaksi pada kulit bayi yang sensitif. Masyarakat seringkali memiliki paradigma bahwa semua produk berbahan organik aman dan sehat. Namun kebanyakan bayi ataupun anak sensitif atau bahkan alergi terhadap wewangian, beberapa ekstrak, dan tumbuh-tumbuhan.

Berikan pakaian yang longgar

Pakaian yang ketat tidak dapat menyerap keringat dan akan berdampak pada kulit bayi Anda. Kulit bayi akan terlihat kemerahan, gatal, dan sering menggaruk. Berikan pakaian yang longgar, halus dan berbahan dasar katun yang menyerap keringat sehingga membuat bayi merasa nyaman. Selimuti bayi Anda dengan selimut berbahan katun di malam hari.

Hindari pencetus eksim

  • Wewangian. Produk dengan pewangi dapat menimbulkan reaksi pada kulit. Gunakan produk yang tidak menggunakan pewangi bila memungkinkan.
  • Detergen
  • Bahan pakaian yang kasar. Perhatikan juga apa yang Anda gunakan. Misalnya: gantilah pakaian berbahan wool Anda sebelum menggendong bayi.[](NO)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar