Kesehatan Bayi

Prebiotik Cegah Kulit Gatal pada Bayi, Benarkah?

dr. Sepriani Timurtini, 15 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Konsumsi prebiotik dipercaya mampu mencegah gatal-gatal pada bayi. Benarkah manfaat prebiotik untuk bayi tersebut? Simak fakta medisnya berikut ini.

Prebiotik Cegah Kulit Gatal pada Bayi, Benarkah?

Kulit bayi memang relatif lebih sensitif dan rentan mengalami berbagai masalah, mulai dari gatal-gatal, kemerahan, hingga iritasi. Hal ini terjadi terutama pada bayi yang masih berusia beberapa bulan. 

Saat terasa gatal, bayi biasanya tampak lebih rewel dan gelisah. Gatal pada bayi bisa disebabkan beberapa hal, salah satunya yang cukup sering adalah dermatitis atopik.

Dermatitis atopik adalah kondisi kulit yang berhubungan dengan faktor genetik dan ditandai dengan kemerahan pada pipi dan anggota tubuh. Selain masalah kulit, dermatitis atopik juga berhubungan dengan keluhan di saluran napas seperti rhinitis alergi. 

Umumnya kondisi gatal pada kulit bayi diatasi dengan krim atau gel untuk meredakan dermatitis. Akan tetapi, berbagai penelitian menemukan prebiotik bisa mencegah gatal pada bayi. Benarkah?

Manfaat Prebiotik untuk Cegah Gatal 

 Prebiotik Cegah Kulit Gatal pada Bayi

Prebiotik adalah komponen makanan yang dapat memicu pertumbuhan atau aktivitas bakteri baik di dalam usus. Prebiotik dapat ditambahkan ke dalam susu formula ataupun air susu ibu untuk kemudian dikonsumsi bayi. 

Berbagai penelitian dilakukan mengenai manfaat prebiotik untuk bayi yang mengalami kulit gatal. Sedikit di antaranya melaporkan, penambahan prebiotik pada susu formula atau ASI dapat mencegah atau mengurangi kulit gatal akibat eczema atau dermatitis. 

Hal itu tentu tampak seperti secercah harapan. Karena, bayi dengan kulit gatal dapat mengonsumsi prebiotik tanpa harus mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi dermatitisnya. 

Namun, sayangnya efek prebiotik untuk bayi tersebut masih menuai pro dan kontra. Belum semua penelitian menunjukkan hasil konsisten. 

Dengan demikian, penggunaan prebiotik untuk mencegah gatal pada bayi belum direkomendasikan sebagai terapi rutin untuk bayi dengan dermatitis atopik ataupun alergi kulit lainnya. 

Artikel lainnya: Penyebab Kulit Bayi Bentol dan Bernanah (Cenang)

Cara Mengatasi Gatal pada Bayi yang Efektif

Pakai Krim untuk Atasi Infeksi Jamur Kulit, Ini Tipsnya

Dibanding menggunakan prebiotik, berikut cara mengatasi dan mencegah gatal pada bayi:

  • Gunakan krim atau salep khusus untuk kulit dengan dermatitis, konsultasi dengan dokter untuk pemilihan salep yang sesuai 
  • Gunakan pelembap sehari-hari untuk mencegah kulit lebih kering
  • Gunakan sabun khusus bayi, bisa juga pakai sabun khusus kulit sensitif dan kulit dengan dermatitis atopik 
  • Kenali penyebab dan lakukan pemeriksaan khusus bila diperlukan untuk mengetahui kemungkinan penyebab alergi kulit tersebut 
  • Cara mencegah gatal pada bayi yang tak kalah penting adalah pastikan bayi ada di cuaca sejuk 

Penggunaan prebiotik untuk mencegah kulit gatal pada bayi masih belum terbukti secara ilmiah. 

Diperlukan lebih banyak lagi penelitian lebih lanjut untuk menilai apakah prebiotik terbukti efektif mengatasi kulit gatal pada bayi akibat dermatitis atopik, serta jenis prebiotik dan dosis yang dapat dikonsumsi. 

Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar perawatan kulit bayi, konsultasi ke dokter anak lebih cepat lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Kesehatan Bayi

Konsultasi Dokter Terkait