Sukses

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, meninjau rendahnya keseimbangan pemberitaan pada media menyoal polemik Kartu Jakarta Sehat; ?jangan sampai yang diinformasikan adalah kejelekkan rumah sakit, kejelekkan sang dokter. Tapi ngga pernah terekspos selama 2012 itu adalah 3,2 juta masyarakat miskin yang sudah kita obat dan sembuh...

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media

KlikDokter.com - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, meninjau rendahnya keseimbangan pemberitaan pada media menyoal polemik Kartu Jakarta Sehat; “jangan sampai yang diinformasikan adalah kejelekkan rumah sakit, kejelekkan sang dokter. Tapi ngga pernah terekspos selama 2012 itu adalah 3,2 juta masyarakat miskin yang sudah kita obat dan sembuh gitu loh,” demikian jelas beliau.

Dalam penilaian beliau, media justru memiliki potensi peran penting dalam mendukung edukasi penyelenggaraan KJS, namun disayangkan justru yang muncul justru peran media yang dianggap memiliki kepentingan yang dirasa memberatkan pelaku pelyanan kesehatan; “belum tentu semua media yang bagus itu bagus untuk media. Namun begitu informasinya jelek, itu adalah good news untuk media,” sampainya.

Lebih lanjut, beliau memaparkan bagaimana pentingnya proses edukasi kepada masyarakat dalam penyelenggaraan KJS. “Satu sisi diinformasikan standar prosedur kemudian bagaimana komunikasi dengan pasien, bagaimana dengan standar IGD. Tapi masyarakat pun juga harus edukasi, ngga bisa ngga. Ya ngga bisa ujuk-ujuk dalam kondisi biasa masuk rumah sakit swasta tanpa premier layanan dibawah.”

Tidak lain komentar beliau berangkat dari sisi keprihatinan beliau terhadap kultur pemakai pelayanan kesehatan di Indonesia, terutama di rumah sakit. Menyoal ini, Dien menghimbau rumah sakit untuk memperbaiki kultur pelayanan kesehatannya dan ditambah juga dengan edukasi kepada masyarakat sehingga keduanya bisa bersinergi secara harmonis.

    0 Komentar

    Belum ada komentar