HomeInfo SehatKankerKafein Mencegah Kanker Kulit
Kanker

Kafein Mencegah Kanker Kulit

Tim Redaksi KlikDokter, 20 Sep 2011

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berita menggembirakan bagi penggemar kopi. Dalam sebuah studi epidemiologiyang menyertakan sedikitnya 93ribu wanita memperlihatkan bahwa meminum kopi...

Kafein Mencegah Kanker Kulit

Klikdokter.com - Berita menggembirakan bagi penggemar kopi. Dalam sebuah studi epidemiologiyang menyertakan sedikitnya 93ribu wanita memperlihatkan bahwa meminum kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Riset lainnya menghasilkan ungkapan senada, dimana timbul dugaan terdapat dua tindakan konsumsi kafein yang dapat menekan risiko paparan kanker kulit, yakni dengan meminum kopi ataupun preparat topikal.

Hasil temuan yang telah diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology pada Februari 2009 ini tidak hanya membawa berita gembira bagi para penggemar kopi, namun juga para penderita rosacea yang kerap kali diiringi dengan gejala sensasi panas pada muka dan kulit yang kemerahan. Dimana kafein sudah disolusikan menjadi materi yang berarti dalam mengatasi gejala tersebut dalam bentuk preparat topikal.

Meskipun angka penderita rosacea di tanah air termasuk kategori langka, temuan ini telah memberikan harapan baru terapi pengobatan penyakit tersebut di luar negeri. Di samping hal tersebut, kafein yang sudah dikenal sebagai stimulasi mood di pagi hari ini memperoleh posisi baru sebagai manfaat zat anti-karsinogenik.[](DA)

Kanker Kulit

Konsultasi Dokter Terkait