Sukses

Jangan Salah Pilih Produk, Kenali Jenis Kulit Anda

Sebelum memilih produk perawatan kulit wajah, tentu Anda harus mencermati jenis kulit Anda terlebih dahulu. Ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Saat ini, sudah banyak produk skincare yang tersedia di pasaran dengan masing-masing fokus masalah kulit. Hal ini terkadang malah menimbulkan kebingungan tersendiri.

Nah, sebelum mulai merawat kulit, baik menggunakan produk maupun melakukan perawatan kulit, ada baiknya Anda mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Ingatlah bahwa berbeda jenis kulit, maka berbeda pula perawatan kulitnya.

Cara menentukan jenis kulit bisa dilakukan dengan mencucinya, lalu mengamatinya dalam waktu setengah jam. Jika mengilat, kemungkinan kulit Anda berminyak. Jika kulit terasa tertarik, kemungkinan kulit Anda kering. Sementara, jika terdapat area yang mengilat dan area yang kering, maka jenis kulitnya kombinasi.

Lebih jelasnya lagi, yuk, kenali jenis-jenis kulit manusia dan cara perawatannya yang tepat berikut ini:

1 dari 6 halaman

1. Kulit Berminyak

Pada seseorang yang memiliki kulit berminyak, permukaan kulitnya biasanya cenderung mengilap. Kulit berminyak juga rentan mengalami komedo dan jerawat. Selain itu, kulit ini sering kali disertai dengan pori-pori yang besar.

Pori-pori besar pada kulit berminyak disebabkan oleh banyaknya kandungan kelenjar minyak (sebum), yang sebenarnya berperan dalam mencegah kulit dari kekeringan.

Artikel Lainnya: 5 Bahan Skin Care Ini Bikin Kulit Berminyak Makin Berminyak

Namun, karena lingkungan dipenuhi kotoran yang tidak kasatmata, kulit berminyak cenderung lebih mudah ‘menjaring’ kotoran tersebut ketimbang kulit yang kering. Tak ayal, jerawat lebih mudah terjadi pada kulit berminyak.

Sesungguhnya kendala ini mudah diatasi. Bagi Anda pemilik jenis kulit berminyak, lakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah jerawat:

  • Bersihkan wajah dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Pertama-tama, basuh wajah dengan air hangat untuk menghilangkan kotoran yang menempel, lalu cucilah wajah dengan sabun muka menggunakan air dingin.
  • Gunakan toner danastringent dengan kandungan alkohol, apabila perlu.
  • Gunakan cleansercair dengan formula yang ringan.
  • Gunakan produk perawatan kulit dengan keterangan non-komedogenik sehingga tidak menyebabkan sumbatan.
2 dari 6 halaman

2. Kulit Kering

Sesuai dengan namanya, kulit kering ditandai dengan kondisi kulit yang kering dan terkadang kulit mengelupas. Sering kali kulit terasa kencang, terutama setelah mencuci muka dengan sabun dan air. Kulit kering juga dapat tampak kusam dan mudah timbul keriput.

Kebalikan dari kulit berminyak, jenis kulit ini sering kali kehilangan sebum. Selain itu, tipe kulit kering mudah bereaksi terhadap cuaca yang ekstrem, misalnya sangat panas atau sangat dingin sehingga kerap terasa kencang. Kelebihannya ialah jarang timbul masalah jerawat.

Artikel Lainnya: Panduan Merawat Kulit Kering

Pemilik jenis kulit ini dianjurkan untuk memperhatikan hal-hal berikut:

  • Gunakan make updan toner berformula ringan serta bebas alkohol.
  • pilihlah foundationyang mengandung pelembap.
  • Pilih cairan cleanser yang creamy.
  • Gunakan pelembap setiap hari pada wajah, leher, dan juga kulit di sekitar mata sebagai antisipasi untuk mencegah timbulnya keriput dini.
  • Saat membersihkan wajah, gunakan air hangat untuk melenturkan kulit, kemudian bersihkan dengan air dingin.
  • Hindari mandi dengan jangka waktu lama dengan menggunakan air panas.
3 dari 6 halaman

3. Kulit Kombinasi

Mayoritas orang memiliki jenis kulit kombinasi. Jenis kulit berminyak terpusat di daerah ‘T’ pada wajah (dahi, hidung dan dagu), sedangkan untuk wilayah pipi, daerah seputar mata, dan leher lebih kering ketimbang daerah ‘T’.

Sering kali permasalahan timbul dalam penanganannya, mengingat ada area yang kering dan berminyak. Karena itu biasanya dibutuhkan juga dua produk perawatan kulit yang berbeda untuk masing-masing area tersebut.

Anda dapat mencoba pemakaian produk ini secara bergantian untuk mengatasinya, misalnya produk kulit kering di pagi hari dan produk kulit berminyak di malam hari.

Artikel Lainnya: Mitos Tentang Skincare yang Tak Perlu Anda Percaya

Solusi lainnya, gunakan dua produk berbeda pada wajah. Jadi, area ‘T’ dan area dengan jenis kulit berminyak menggunakan produk perawatan kulit berminyak. Sementara, area kulit lainnya menggunakan produk perawatan kulit kering.

4 dari 6 halaman

4. Kulit Sensitif

Pada jenis kulit sensitif umumnya mudah timbul keluhan tidak cocok saat pemakaian produk perawatan kulit baru. Keluhan yang timbul dapat berupa kulit kemerahan, terasa panas atau gatal, juga kering.

Pemilik kulit sensitif wajib memilih produk skincare dengan saksama. Cermati hal-hal berikut ini saat akan membeli produk perawatan wajah:

  • Usahakan memakai produk yang bebas pewangi dan pewarna.
  • Hindari produk dengan kandungan sulfat dan paraben.
  • Saat mencoba produk baru, coba dulu pada area kecil kulit untuk memastikan kulit dapat menerimanya dengan baik.
5 dari 6 halaman

5. Kulit Normal

Jenis kulit ini yang umumnya paling diidamkan karena ideal, tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Kulit normal umumnya tampak berseri, dengan pori-pori yang tidak terlihat, tidak sensitif, serta sering kali tidak memiliki masalah kulit. Meski begitu, perawatan kulit tetap perlu dilakukan.

Demikian berbagai jenis kulit dan cara tepat merawatnya. Apa pun jenis kulitnya, jaga selalu kesehatan kulit Anda dengan menghindari paparan sinar matahari langsung, menggunakan tabir surya, menjaga kecukupan cairan, tidak merokok, rutin membersihkan wajah, serta menggunakan pelembap.

Informasi menarik seputar kesehatan kulit bisa Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar