Sukses

Meringankan Stres

Meringankan stres sangat lebih mungkin daripada menghilangkan stres. Stres sudah menjadi komoditi umum yang selalu dirasakan oleh sebagian orang yang memiliki rutinitas tinggi...

KlikDokter.com – Meringankan stres sangat lebih mungkin daripada menghilangkan stres. Stres sudah menjadi komoditi umum yang selalu dirasakan oleh sebagian orang yang memiliki rutinitas tinggi seperti pekerja. Faktor perasaan dan pikiran seperti, cemas, gelisah dan ketakutan juga faktor penting timbulnya stres.

Stres berkepanjangan akan mempengaruhi kesehatan dan mengakibatkan tekanan darah tinggi, obesitas penyakit jantung, dan depresi. Jika sudah stres sulit untuk diobati, namun stres bisa diringankan dengan beberapa cara, antaranya;

  1. Pijat

    Semua orang menyukai pijat. Tapi apakah anda tahu kalau pijat sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk penghilang stres. Secara historis, pijat digunakan Cina untuk membuka saluran energi yang diblokir dalam rangka meningkatkan kesehatan. Pijat dapat mengendurkan otot yang tegang, mengurangi rasa sakit dan mengingkatkan sirkulasi darah, serta menenangkan pikiran dan jiwa. Pijatan sebelum tidur selepas beraktivitas sangat membantu kita untuk tidur dengan tenang dan relax.
  1. Batasi penggunaan Internet dan ponsel

    Batasi penggunaan internet karena akan mempengaruhi kesehatan anda seperti kurangnya tidur. Penelitian dari California mengatakan, pengguna internet yang akan menyebabkan kecanduan akan mempengaruhi kesehatan, gangguan tidur, kurangnya istirahat, dan mengganggu aktivitas fisik serta otak. Batasi pula penggunaan ponsel, radiasi ponsel diduga kuat dapat mempengaruhi kualitas tidur. Menurut penelitian di Amerika Serikat, radiasi ponsel dapat menimbulkan sejumlah gangguan seperti insomnia, sakit kepala, dan pusing-pusing. Radiasi juga dapat menurunkan durasi tidur lelap anda sehingga menganggu kemampuan tubuh untuk memulihkan diri setelah beraktivitas penuh, dan menjadi stres.
  1. Meditasi dengan Yoga

    Olahraga yoga sangat baik karena memiliki meditasi yang baik untuk kesehatan. Luangkan waktu 15 sampai 30 menit dalam sehari untuk menyendiri dan kosongkan pikiran. Hal ini akan memberi manfaat ke otak, dimana tubuh akan melepaskan hormon endorfin ke otak yang mempengaruhi peningkatan mood positif dan melepaskan stres.
  1. Vitamin B

    Vitamin B dikenal berfungsi mendorong otak untuk relaksasi dan melawan kelelahan. Vitamin B akan mengurangi faktor emosi dan depresi. Jika mudah marah dan depresi, konsumsilah vitamin B untuk mencegahnya. Vitamin B dapat diperoleh di biji-bijian serta kacang-kacangan, telur dan susu.
  1. Passionflower

    Passionflower adalah teh dari bunga-bungaan yang sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Passionflower berkhasiat membuat kita merasa bahagia karena dapat meringankan rasa stres dan rasa gelisah. Passionflower digunakan secara tradisional di Amerika dan Eropa sebagai herbal penenang untuk mengurangi gejala kegelisahan, insomnia, kecemasan sampai stres. Meskipun para ilmuwan masih mengujinya, mereka percaya bahwa passionflower dapat meningkatkan zat kimia yang disebut asam-aminobutyric di dalam otak. Ilmuwan juga percaya, mengkonsumsinya dapat melemaskan ketegangan otot, memperlancar sirkulasi darah, menghilangkan rasa pegal-pegal dan menurunkan tekanan darah.
  1. Aromaterapi

    Dalam beberapa kasus, menghirup aromaterapi dapat menghilangkan stres langsung dan mengingkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan dan membantu untuk fokus serta konsentrasi. Para ahli mengatakan, aromaterapi dapat merangsang sistem limbik dalam otak yang mempengaruhi perasaan relax, tenang, dan kegembiraan. Aromaterapi yang biasa digunakan untuk mengurangi stres dan kelelahan adalah, lavender, cemara dan rosemary.
  1. Tidur Seimbang

    Tidur dapat mengurangi stres yang paling alami. Terlalu sedikit tidur akan membuat kita gelisah dan mudah tersinggung. Namun, kebanyakan tidurpun membuat kita menjadi lesu dan depresi. Cobalah untuk menemukan keseimbangan yang tepat untuk beristirahat setiap harinya.
  1. Olahraga

    Olahraga sangat efektif untuk membantu mengatasi mengurangi stres. Olahraga secara rutin akan memperlancar peredaran darah dan membuka jantung untuk menerima banyak oksigen. Berolahraga juga membantu anda mendapatkan kualitas tidur yang lelap di malam hari.
  1. Makan-makanan Bergizi

    Jika merasa dalam kondisi stres, makan-makanlah yang bergizi. Makan secara teratur dan makan-makanan yang mengandung karbohidrat rendah akan sangat membantu menjaga keseimbangan gula darah. Sebaliknya, jika terlalu banyak karbohidrat akan meningkatkan kandungan insulin dalam darah yang menyebabkan kelelahan. Serta perbanyaklah minum air putih untuk membantu lebih relax dan dengan cairan yang cukup, akan terhindar dari kepenatan dan kelelahan yang akan memperburuk keadaan saat anda stres.
  1. Tertawa

    Baca, nonton dan dengarlah lelucon-lelucon favorit anda yang dapat membuat anda tertawa. Karena dengan tertawa dapat meluapkan ketegangan.[](SN

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar