Sukses

Gadis Remaja Lebih Rentan Terhadap Alkohol

Gadis remaja lebih rentan terhadap alkohol, karena otak perempuan lebih berkembang dari otak laki-laki. Penelitian dari California menyatakan, gadis remaja yang doyan...

KlikDokter.com – Gadis remaja lebih rentan terhadap alkohol, karena otak perempuan  lebih berkembang dari otak laki-laki. Penelitian dari California menyatakan, gadis remaja yang doyan minum alkohol akan dapat mengalami kerusakan otak yang mengontrol memori dan kerja kesadaran spasial.

Susan F. Tapert, profesor psikiatri di University of California, menguji terhadap 95 remaja berusia 16 hingga 19 tahun yang dilakukan peneliti di beberapa universitas di Amerika Serikat. 27 remaja laki-laki dan 13 remaja perempuan yang memiliki hobi minum alkohol, diberi tes yang sama pada 31 remaja laki-laki dan 24 remaja perempuan yang tidak suka minum.

Hasil yang didapat dari penelitian ini dengan menggunakan scan MRI juga, peneliti menemukan bahwa penurunan kemampuan otak untuk mengatur memori dan kerja kesadaran otak ini dapat menyebabkan masalah baru yakni, ketika mengemudi, mengingat letak , dan berpikirnya lambat efek dari peminum berat alkohol.

“Penggunaan alkohol berat bisa mengganggu pertumbuhan sel otak yang normal selama masa remaja, terutama di daerah otak frontal, yang berperan penting dan menentukan aktivitas biologis komunikasi serta dapat mengganggu kemampuan remaja untuk melakukannya di sekolah atau dimana remaja itu berada. Kerusakan otak ini bisa memiliki efek jangka panjang, seperti menghitung menggunakan otak dan dalam berpikir logis yang berbentuk penalaran,” kata Tapert.

Alkohol yang dikonsumsi gadis remaja sangat rentan karena akan mempengaruhi penurunan otaknya seperti dapat menyebabkan masalah ketika mengemudi, tidak bisa menggunakan peta atau mengingat letak suatu tempat. Penurunan fungsi otak lebih banyak terjadi pada gadis remaja karena alkohol lebih berpengaruh pada perempuan, dimana perempuan cenderung memiliki tingkat metabolisme lebih lambat, lebih banyak lemak, dan diet.

“Temuan ini mengingatkan kita bahwa remaja laki-laki dan perempuan secara biologis berbeda. Dimana laki-laki yang suka minum memang mengalami penurunan, namun perempuan remaja sangat rentan terhadap alkohol,” ujarnya.[](SN

    0 Komentar

    Belum ada komentar