Sukses

Enzim Lithium Mengurangi Risiko Alzheimer

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa enzim lithium diduga dapat menangkal penyakit alzheimer. Menurut para ilmuwan penyakit alzheimer, suatu kondisi...

KlikDokter.com – Penelitian terbaru menunjukkan bahwa enzim lithium diduga dapat menangkal penyakit alzheimer. Menurut para ilmuwan penyakit alzheimer, suatu kondisi yang semakin merusak motor neuron, bisa diobati dengan enzim lithium, unsur alami yang sangat murah dan telah digunakan untuk gangguan kejiwaan lainnya.

Peneliti di Sao Paulo Universitas di Brazil, dipimpin oleh Dr. Orestes Forlenze, telah menemukan obat penyakit alzheimer. “Apa yang kami kerjakan menunjukkan bahwa lithium dapat menyerap produksi amyloid pada penderita alzheimer. Percobaan pada tikus menunjukkan tikus mengalami mutasi. Mutasi itu sama dengan mutasi yang menyebabkan penyakit alzheimer,” ujarnya.

Penelitian ini memeriksa 41 orang di atas usia 60 tahun dengan gangguan kognitif ringan, dengan mengambil dosis rendah dari lithium setiap hari selama satu tahun. Semua berjalan melalui tes memori dan perhatian, lalu sampel cairan otak dianalisis untuk mengetahui konsentrasinya. Walaupun semua peserta menunjukkan penurunan fungsi memori selama satu tahun, namun lithium menunjukkan bentuk protein untuk mencegah penyakit alzheimer dalam cairan cerebrospinal mereka. Temuan ini dipublikasikan di British Journal of Psychiatry, Jumat lalu.

“Penelitian ini mendukung gagasan bahwa pemberian enzim lithium untuk orang berisiko penyakit alzheimer memiliki efek perlindungan, dan memperlambat perkembangan kehilangan memori,” ujar Dr. Orestes Forlenza.

Lanjutnya, ini baru data awal, memang tidak bisa begitu saja memberikan enzim lithium kepada penderita risiko penyakit alzheimer. Lithium tidak mempunyai efek samping bila digunakan secara teratur sebagai pencegahan pada orang tua sebelum mengidap penyakit alzheimer.[](SN)

    0 Komentar

    Belum ada komentar