Berita Kesehatan

Insulin yang Berasal dari Tanaman

Klikdokter, 05 Jun 2010

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Insulin yang ditumbuhkan di dalam tanaman diujicobakan ke manusia untuk pertama kalinya. Harapannya adalah agar tanaman tersebut mampu

Insulin yang Berasal dari Tanaman

Insulin yang ditumbuhkan di dalam tanaman diujicobakan ke manusia untuk pertama kalinya. Harapannya adalah agar tanaman tersebut mampu menyediakan kebutuhan insulin yang lebih murah bagi para penderita diabetes.

Sembiosys Genetics,perusahaan Kanada yang bertempat di Calgary, Alberta, telah menyuntikkan gen insulin manusia ke dalam Safflowers (Carthamus tinctorius L), dan membuat tanaman membuat komponen pro-insulin. Enzim tersebut kemudian diubah ke dalam jenis Insulin yang disebut dengan SBS-1000.

Tes terdahulu mengindikasikan bahwa SBS-1000 identik terhadap insulin manusia (human insulin). Bulan lalu Sembiosys mencoba membandingkan insulin ini dengan insulin dari sumber lain pada sukarelawan yang sehat. Perusahaan ini berencana untuk melepaskan SBS-1000 tahun ini.

Kebanyakan insulin diproduksi atau dihasilkan oleh bakteri dalam proses fermentasi. Karena proses ini membutuhkan biaya besar, Sembiosys berharap menggunakan insulin yang berasal dari tanaman akan lebih murah karena tidak melewati tahapan yang sama dengan fermentasi bakteri.

Safflowers tidak banyak ditumbuhkan di Amerika Utara, dan tidak ada yang tumbuh liar di daerah tersebut. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi risiko terlepasnya gen yang berasal dari safflowers yang memproduksi insulin disana.

 

Konsultasi Dokter Terkait