Relationship

Usia Ideal untuk Pasangan

Tim Redaksi KlikDokter, 02 Jun 2010

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Usia Ideal untuk Pasangan

Usia Ideal untuk Pasangan

Finlandia, Klikdokter.com  - Entah atas alasan emosional, budaya, tradisi keluarga, atau finansial, kebanyakan pria menginginkan pasangan yang berusia lebih muda darinya. Begitu pula dengan para`wanita yang umumnya menginginkan pasangan yang lebih tua darinya. Lalu adakah sebuah standar yang dapat digunakan untuk menentukan usia pasangan yang ideal?

Sebuah studi yang dilakukan pada kaum Sami di Finlandia menemukan fakta bahwa para`pria di sana harus menikahi wanita yang 15 tahun lebih muda. Sedangkan studi lain yang dilakukan di Swedia menemukan bahwa usia reproduksi yang ideal adalah saat usia pria 6 tahun lebih tua daripada usia pasangan wanitanya. Hal ini dilakukan tidak lain untuk meningkatkan jumlah anak hidup yang dapat bertahan hingga usia 18 tahun.

Usia ibu merupakan faktor utama yang sangat berpengaruh pada jumlah anak hidup yang dapat dimiliki. Semakin muda usia ibu, maka semakin sehat anak yang dilahirkan. Akan tetapi, apabila ditinjau dari faktor psikologis ibu, maka usia ibu yang paling ideal untuk memiliki anak adalah sekitar usia 25 tahun.

Dan lebih menariknya lagi, saat pria lanjut usia memiliki seorang anak, gen-gen yang diturunkan sang ayah dapat memperpanjang usia anak pada generasi-generasi berikutnya, baik kepada anak laki-laki maupun anak perempuan.[](SO)

usia ideal menikah

Konsultasi Dokter Terkait