Sukses

Kenalkan Olahraga Sedini Mungkin Pada Anak

Kenalkan Olahraga Sedini Mungkin Pada Anak

Oleh : dr. Indiradewi Hastiningsih

Klikdokter.com - Memperkenalkan olahraga sedini mungkin pada anak dapat menimbulkan rasa persahabatan dan kerjasama. Olahraga yang memberikan contoh pendidikan persahabatan sportifitas serta kerjasama semisalnya seperti mengikuti klub sepak bola, basket dan perkumpulan olahraga berkelompok lainnya.

Saran – saran yang perlu diperhatikan sebelum Anda memasukkan Anak Anda ke Perkumpulan Olahraga:

  • Waktu istirahat sama pentingnya dengan pembagian waktu aktivitas anak. Karena dengan istirahat cukup, perkembangan anak dalam program pendidikan keolahragaan akan lebih optimal.
  • Buatlah kondisi keterlibatan orangtua dalam memantau prestasi anak selalu menjadi prioritas. Jika anak luput dari perhatian orangtua yang mementingkan urusan kerjaanya, maka anak akan mengalami kehampaan pemenuhan kebutuhan kasih sayang. Dimana hal ini merupakan hak dasar mereka.
  • Faktor keamanan merupakan terpenting, walau demikian jangan terlalu protektif kepada anak. Perlakuan berlebihan yang demikian akan membuat dirinya depresi dan terkekang. Akan memberikan dampak kepada anak cenderung pasif dan kurang inisiatif.
  • Pastikan bahwa kegiatan olahraga ini tidak mengganggu sekolah, waktu dengan keluarga dan waktu istirahat. Serta harus dipastikan bahwa Anda dapat mengantar  Anak Anda untuk mengikuti  jadwal olahraga , terlebih bila Anda memiliki anak lebih dari satu.
  •  Ajar bagaimana menerima kekalahan dengan kegagalan yang tertunda. Dan berikan mereka kesadaran senantiasa berpijak di tanah untuk tidak terlalu meninggikan diri ketika meraih kemenangan.
  • Dengan bertambahnya porsi gerak sang buah hati, otomatis akan menambah selera makannya juga. Pastikan dapur Anda dapat memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang seimbang dalam menjawab kebutuhan nutrisi mereka. Bukan makan dengan porsi yang banyak. Terpenting adalah nilai gizinya.[](IND/DA)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar