Sukses

Dutaserid, Obat Prostat yang Dapat Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Dutaserid, Obat Prostat yang Dapat Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Oleh : dr. Indiradewi Hestiningsih Klikdokter.com - Obat ini sering digunakan pada pria dengan pembesaran prostat dan ternyata mempunyai efek dapat mengurangi resiko terjadinya kanker. Obat ini, bukan merupakan obat yang pertama kali ditemukan, yang mempunyai efek menurunkan resiko terjadinya kanker prostat.

Pada tahun 2003, telah ditemukan obat yang mirip yaitu fenasterid. Obat ini dapat juga menurunkan resiko terjadinya kanker prostat.

Obat-obat tersebut diatas, biasa diberikan pada laki-laki dengan pembesaran prostat. Salah satu keluhan pembesaran prostat adalah sering buang air kecil dan nyeri pada saat buang air kecil. Laki-laki yang mempunyai riwayat keluarga kanker prostat, ternyata obat-obatan ini dapat menurunkan resiko terjadinya kanker prostat hingga 31,4 %.

Peneliti menganjurkan untuk menggunakan obat ini pada penderita kanker prostat dini atau mencegah berkembangnya kanker menjadi lebih besar. The National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE) memperlihatkan bahwa dutaserid dapat digunakan untuk mencegah kanker prostate.  Penelitian sampai saat ini masih terus dilanjutkan untuk melihat apakah ada manfaat dan efek samping yang terjadi pada penggunaan jangka panjang.[](IND)

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar