Sukses

Zat Gizi Utama Yang Baik

Zat Gizi Utama Yang Baik

Zat gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein, karbohidrat, dan lemak. Zat-zat gizi tersebut terutama dibutuhkan untuk metabolisme, membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, dan untuk mendapatkan energi.

Selain zat gizi utama tadi, tubuh juga memerlukan mineral dan vitamin untuk mengatur cairan (elektrolit) tubuh, pertumbuhan tulang, pembentukan sel-sel darah, membantu proses metabolisme dan membentuk hormon / enzim.

Bagaimana mendapatkan zat-zat gizi utama yang baik? Disini setelah melihat beberapa sumber ternyata untuk mendapatkan zat-zat gizi utama yang dibutuhkan tubuh sebaiknya kita menkonsumsi

  • Karbohidrat

Karbohidrat bukan sesuatu yang patut ditakuti. Yang penting, Anda perlu mengetahui jenis-jenis karbohidrat yang "aman" dikonsumsi. Ada dua macam karbohidrat, yaitu karbohidrat simpleks dan kompleks.

Karbohidrat simpleks adalah karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh, jika glukosa yang terbentuk tidak segera digunakan akan disimpan oleh tubuh berupa lemak. Sedangkan Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang diserap perlahan-lahan dan meningkatkan kadar glukosa di tubuh secara perlahan. Dalam gizi yang baik, sebaiknya menkomsumsi karbohidrat kompleks lebih banyak daripada karbohidrat simplex

 

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat simpleks

Roti gandum

Susu

Kentang

Permen

Jagung

Gula

oatmeal

Kue-kue

  • Protein

Protein terdapat dalam hampir segala macam makanan. Tapi ada makanan yang mengandung jauh lebih banyak dari yang lain. Makanan yang paling banyak mengandung protein ialah susu, telur, keju, daging, biji-bijian yang masih berkulit ari, kacang tanah dan kedelai. Susu dan sejenisnya merupakan sumber protein yang terbaik.

Salah satu sumber protein yang perlu dikonsumsi juga adalah kedelai, makan ini mengandung protein yang lengkap, mengandung protein dua kali lebih banyak dari protein yang dikandung oleh daging, dan empat kali daripada telur, tetapi krisis kedelai di bangsa kita sekarang ini membuat kita mencari alternative lainnya dalam mengkonsumsi protein. Banyak nutrisionist terkenal menganjurkan makan putih telur saja tiap harinya, karena di dalam putih telur tidak mengandung kolesterol yang tinggi.

  • Lemak

Lemak merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi tubuh, lemak digunakan bagi tubuh untuk memproduksi energi, pertumbuhan baik badan dan otak dan memelihara pergantian jaringan. Lemak sendiri terbagi atas 3 golongan, asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal, dan asam lemak tak jenuh ganda. Konsumsi lemak merupakan faktor penting dalam kesehatan jantung. Mengurangi konsumsi lemak tak jenuh dalam porsi makanan akan meningkatkan kesehatan anda. Beberapa asam lemak jenuh (lemak jahat) yang harus dihindari

  • Lemak dari daging berkaki empat (sapi, kambing, domba dan babi)
  • Lemak trans ( margarine, biscuit, krim)

Jadi konsumsi lemak dari mana yang harus kita peroleh ?

  • Minyak dari biji bunga merah
  • Minyak dari biji bunga matahari
  • Minyak jagung
  • Minyak kacang kedelai
  • Kinyak kacang tanah

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar