Sukses

Benarkah Teh Hijau Bisa Mencegah Kanker Mulut? Cek Faktanya

Konsumsi teh hijau secara rutin dianggap bisa mencegah kanker mulut. Benarkah begitu? Yuk, cari tahu fakta tentang manfaat teh hijau untuk kanker mulut!

Teh hijau dikenal kaya akan kandungan gizi, yang bermanfaat untuk kesehatan. Teh dengan rasa pahit khas ini bahkan dikabarkan bisa mencegah kanker mulut.

Anggapan mengenai manfaat teh hijau untuk kanker berawal dari kandungan antioksidan katekin yang ada didalamnya. Katekin dalam teh hijau terdiri atas epigallocatechin-3-gallate (EGCG), epigallocatechin (EGC), epicatechin-3-gallate (ECG), epicatechin (EC). 

Artikel Lainnya: Kanker Mulut, Deteksi Dini Selamatkan Nyawa

1 dari 3 halaman

Manfaat Teh Hijau untuk Cegah Kanker Mulut

Terdapat penelitian yang berusaha mencari tahu manfaat teh hijau untuk kanker mulut. Studi yang dilakukan oleh University of Texas MD Anderson Cancer Center ini dilakukan pada pasien yang memiliki lesi pra kanker, seperti oral leukoplakia.

Oral leukoplakia adalah kondisi mulut yang dapat mengarah pada kanker. Ciri khasnya adalah bercak putih yang mengalami penebalan pada membran mukosa (jaringan lunak) di bagian dalam mulut. 

Pasien yang terlibat dalam penelitian tersebut diberikan ekstrak teh hijau yang terbagi menjadi 3 dosis; tinggi, sedang, rendah. 

Hasil dari penelitian tersebut mengatakan, hampir 60 persen partisipan yang menerima ekstrak teh hijau dosis tinggi menunjukkan respons klinis yang positif (perbaikan kondisi). Hal tersebut diduga berkat kandungan katekin EGC dan EGCG dalam teh hijau, yang memiliki efek antiproliferasi dan menghambat aktivitas sel kanker.

Sayangnya, temuan tersebut masih bersifat dugaan alias belum terbukti sepenuhnya. Masih dibutuhkan penelitian lanjutan dengan jumlah partisipan lebih besar dan dalam jangka waktu lama, guna memastikan manfaat teh hijau untuk kanker.

Artikel Lainnya: Kondisi Gigi Buruk Bisa Sebabkan Kanker Mulut?

2 dari 3 halaman

Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Cegah Kanker Mulut

Meski manfaat teh hijau untuk kanker mulut belum sepenuhnya terbukti, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi asupan tersebut secara rutin. 

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda terapkan agar bisa merasakan manfaat teh hijau dengan optimal:

  • Konsumsilah teh hijau tanpa tambahan gula. 
  • Konsumsi teh hijau di pagi hari. Kandungan kafeinnya dapat memberikan tambahan energi. Teh hijau mengandung Asam amino L-Theanine, yang dapat menjaga kebugaran tanpa menyebabkan efek samping jantung berdebar.
  • Konsumsi teh hijau dalam keadaan perut kosong, khususnya jika Anda tidak memiliki gangguan pencernaan atau hati (liver). Jika ingin lebih aman dan tetap bermanfaat, Anda bisa mengonsumsi teh hijau. Hindari mengonsumsinya bersamaan dengan makanan, karena dapat menghambat penyerapan katekin EGC dan zat besi. 
  • Konsumsi teh hijau sebelum makan atau 30 hingga 60 menit setelah makan dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

Punya pertanyaan tentang kanker mulut atau masalah kesehatan gigi lainnya? Tak perlu ragu untuk melakukan konsultasi kepada dokter dengan mengandalkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar