Sukses

Masalah Kependudukan di Indonesia, Potensi atau Ancaman

Berdasarkan Survei Penduduk antar Sensus (SUPAS) yang dilakukan pada tahun 2005, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memproyeksikan bahwa jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2009

Oleh : dr. Salma Oktaria

 

 

 


Klikdokter.com - Berdasarkan Survei Penduduk antar Sensus (SUPAS) yang dilakukan pada tahun 2005, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memproyeksikan bahwa jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2009 akan mencapai sekitar 231,4 juta jiwa, dan jumlah ini diperkirakakan akan terus meningkat hingga mencapai 245 juta di tahun 2014. Hal ini sangatlah mengkhawatirkan mengingat pengelolaan pertumbuhan penduduk merupakan salah satu aspek penting yang diperlukan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, masalah kependudukan ini masih erat kaitannya dengan tingkat kesehatan masyarakat, seperti Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi yang masih terbilang cukup tinggi di Indonesia.

Menyadari pentingnya peranan pengelolaan pertumbuhan penduduk, maka Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sebagai institusi pendidikan kedokteran terbaik bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan sebuah seminar nasional bertajuk “Masalah Kependudukan di Indonesia: Potensi atau Ancaman?” sebagai bentuk kepedulian FKUI terhadap masalah-masalah nasional yang sedang berlangsung di Tanah Air. Mengambil tempat di Aula FKUI, seminar yang diadakan pada tanggal 22 April 2010 ini dihadiri sedikitnya oleh 200 tamu undangan yang terdiri atas para anggota dan pengurus BKKBN, ILUNI FKUI, TNI AD, TNI AU, TNI AL, POLRI, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dekanat, dan rekan-rekan media.

Seminar ini mendiskusikan berbagai aspek politik, sosial, ekonomi, dan budaya yang mempengaruhi gambaran kependudukan saat ini. Dipandu oleh artis Marissa Haque, SH yang sekaligus berperan sebagai duta Keluarga Berencana, seminar ini menghadirkan para pakar di bidang kependudukan dan kesehatan masyarakat, di antaranya adalah dr. Surya Chandra Surapati, PhD yang menyampaikan topik mengenai “Pertumbuhan dan Perkembangan Penduduk Indonesia”, dr. Suryono Slamet Iman Santoso, Sp.OG(K) mengenai “Masalah Kependudukan dan Kesehatan Reproduksi di Indonesia”, dr. Setyawati Budiningsih, MPH mengenai “Generasi Bencana (GenRe)”, dan dr. Yanri Wijayanti Subronto, PhD, Sp.PD mengenai “Penggunaan Kondom dalam Pencegahan Hepatitis dan HIV/AIDS”. Diharapkan melalui seminar ini dapat dikampanyekan dan didiskusikan mengenai peranan serta pentingnya penanganan masalah kependudukan secara menyeluruh baik dari masyarakat, tenaga kesehatan, maupun pemerintah. []SO

    0 Komentar

    Belum ada komentar