Sukses

Puncak Perayaan World Health Day ke-62

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bekerjasama dengan Departemen Kesehatan RI menyelenggarakan acara Puncak Peringatan Hari Kesehatan Sedunia (HKS) ke-62

Klikdokter.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bekerjasama dengan Departemen Kesehatan RI menyelenggarakan acara Puncak Peringatan Hari Kesehatan Sedunia (HKS) ke-62 tahun pada hari Minggu lalu (11/4), mengambil lokasi penyelenggaraan di Pasar Modern Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten.

Acara yang diselenggarakan sekaligus dalam rangka meresmikan gerakan pasar sehat Bumi Serpong Damai oleh Menkes dr. Endang R. Sedyaningsih, MPH, Dr. PH dan diakhiri dengan agenda peresmian gerakan pasar sehat setelah sebelumnya melakukan prosesi serah-terima seribu bibit pohon dari Menteri Pertanian, Ir. H. Suwono, MMA kepada Walikota Tangerang, Banten.

Kegiatan tersebut bertemakan global yang ditetapkan WHO URBANIZATION AND HEALTH, serta tema nasional KOTA SEHAT, WARGA SEHAT. Tidak lain bertujuan, guna menyatukan langkah, meningkatkan dan memperkuat kerja sama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Organisasi Kemasyarakatan, LSM, dan organisasi internasional dalam upaya mengutamakan pembangunan yang berwawasan kesehatan.

Masalah kesehatan modern pada masyarakat urban antara lain berbagai macam penyakit degeneratif, kelebihan gizi, penyakit/kelainan mental, penyakit kelamin, masalah kesehatan reproduksi, penyalahgunaan obat/ NAPZA dan minuman keras, penyakit karena kekerasan dan kecelakaan. Belum lagi terdapat masalah kesehatan lingkungan masyarakat antara lain pemukiman kumuh, pencemaran udara, air dan tanah, serta perilaku menyimpang karena berbagai keadaan tertekan dan faktor stres.

Tak lain semuanya adalah hasil implikasi dari berbagai faktor tingginya jumlah penduduk yang kurang memiliki akses kesehatan, pengangguran, serta perubahan lingkungan karena tidak dapat menampung akibat arus urbanisasi tersebut. Untuk merespon dampak urbanisasi ini, pemerintah berupaya mengembangkan kota yang berwawasan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat termasuk swasta dan masyarakat madani.

Tema “1000 KOTA, 1000 KEHIDUPAN” sendiri mengandung makna ajakan dan motivasi kepada masyarakat secara luas dan para pelaku kesehatan pada khususnya untuk melakukan aksi peningkatan kesehatan di lingkungan kehidupannya.

Acara juga dimeriahkan dengan acara bincang sehat yang dimeriahkan oleh beberapa artis ibukota lainnya antara lain, Ade Rai, Adrian Maulana, Olda Lydia, Elsa Manora Nasution, dan grup musik Debu (duta lingkungan hidup). Serta pemeriksaan laboratium gula darah dan kadar kolesterol gratis, informasi kesehatan aditif pada makanan jajanan, promosi kesehatan, dll.[](DA/PNA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar