Diet dan Nutrisi

Cokelat Hitam (Dark Chocolate) Kurangi Rasa Cemas

dr. Adeline Jaclyn, 06 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Makan cokelat hitam katanya bagus untuk mengurangi kecemasan. Apa benar? Simak fakta medisnya, yuk.

Cokelat Hitam (Dark Chocolate) Kurangi Rasa Cemas

Kecemasan memang umum dialami setiap orang. Nah, menurut beberapa penelitian, konsumsi makanan yang tinggi vitamin dan mineral dapat membantu mengatasi gejala kecemasan, misalnya cokelat hitam

Apakah makan dark chocolate efektif sebagai cara mengatasi cemas? Untuk tahu faktanya, simak ulasan berikut!

Manfaat Dark Chocolate untuk Atasi Kecemasan

Cokelat hitam (Sebastian Duda/Shutterstock)

Cokelat hitam sangat kaya akan mineral seperti zat besi, magnesium, dan seng. Kandungan kakao di dalam cokelat hitam banyak dan mengandung antioksidan yang disebut flavonoid.

Flavonoid dapat memberikan banyak manfaat kesehatan salah satunya mengatasi kecemasan.

Artikel lainnya: Makan Cokelat Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

Penelitian Nestle Research Center di Lausanne, Switzerland, yang dipublikasikan di Journal of Proteome Research menunjukkan, mengonsumsi cokelat hitam setiap harinya selama dua minggu dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol dan katekolamin pada orang-orang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi.

Para peneliti melihat efek mengonsumsi 40 gram cokelat hitam setiap hari selama 2 minggu dengan pengukuran urine dan darah pada 30 dewasa sehat. 

Tingkat kecemasan para peserta sudah ditentukan sejak awal penelitian. Sampel darah maupun urine kemudian dikumpulkan dan dianalisis saat awal dan akhir dari penelitian selama dua minggu. 

Hasilnya, konsumsi cokelat hitam harian akan menurunkan kadar hormon stres pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan tinggi.

Manfaat cokelat hitam tidak hanya itu. Cokelat hitam sebanyak 6,7 gram diteliti dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Apa yang membuat cokelat hitam spesial ketimbang jenis cokelat lainnya? Kandungan flavonoid (antioksidan) pada cokelat hitam dipercaya mendatangkan banyak keuntungan, seperti menghentikan inflamasi dan menurunkan gumpalan darah. 

Artikel lainnya: Konsumsi Cokelat Hitam untuk Diabetes, Benarkah Menyehatkan?

Tips Konsumsi Cokelat Hitam Saat Cemas

Manfaat Cokelat Hitam untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita

Kalau kamu sering dilanda cemas, makan dark chocolate mungkin dapat membantu mengendalikannya.

Sayangnya, produsen cokelat biasanya tidak memasukkan kadar flavanol pada produknya. Padahal, flavanol adalah senyawa yang justru paling baik untuk kesehatan.

Jadi, sulit untuk mengetahui berapa banyak sebenarnya cokelat hitam yang sebaiknya dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan. 

Konsumsilah cokelat dengan kandungan kakao 70 persen. Meski menyehatkan, tetap batasi konsumsinya, ya. Apa pun yang dikonsumsi berlebihan itu tidak baik!

Bila kecemasan yang kamu alami tak kunjung membaik, jangan ragu konsultasi dengan psikolog di aplikasi KlikDokter. Kamu bisa lebih mudah mendapatkan cara mengatasi cemas yang sesuai dari psikolog tersertifikasi.

Jangan lupa #JagaSehatmu, ya! Download aplikasi KlikDokter, solusi layanan kesehatan semudah satu klik saja!

(FR/JKT)

Referensi:

International Journal of Health Sciences. Diakses 2022. Effects of chocolate intake on Perceived Stress; a Controlled Clinical Study.

PLOS One. Diakses 2022. Chocolate and Health-Related Quality of Life: A Prospective Study.

kesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait