Sukses

Pilihlah Tempat Tidur Yang Sesuai

Apakah anda tahu bahwa rata-rata setiap orang menghabiskan waktu sepertiga dari hidupnya di tempat tidur? Anda seringkali tidak menyadari bahwa tempat tidur

Oleh : dr. Harmantya Mahadhipta

Apakah anda tahu bahwa rata-rata setiap orang menghabiskan waktu sepertiga dari hidupnya di tempat tidur? Anda seringkali tidak menyadari bahwa tempat tidur yang anda gunakan sangat mempengaruhi punggung anda. Tidak ada satu perabotpun di rumah anda yang anda gunakan dan dapat mempengaruhi kesehatan punggung anda. Jadi pemilihan tempat tidur sangat esensial untuk kesehatan punggung anda.

Tidur sangat penting untuk anda. Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya kesehatan anda dan meningkatnya nyeri pada punggung. Tulng punggung anda telah bekerja keras seharian penuh dalam menopang beban tubuh anda. Istirahat sangat dibutuhkan untuk menunjang aktifitas anda sehari-hari. Permukaan tempat tidur yang tidak sesuai dapat secara tidak langsung menyebabkan terganggunya aktifitas anda sehari-hari.Tempat tidur yang sesuai dapat meningkatkan kualitas tidur anda setiap malam.

Tempat tidur tanpa alas yang sesuai dapat menyebabkan kelelahan otot dan terganggunya tidur anda. Alas yang sesuai adalah yang sama dengan kesegarisan tulang punggung anda sewaktu anda berdiri. Jika tubuh anda dapat beristirahat pada posisi natural, maka otot-otot dapat beristirahat dengan maksimal.

 

Sewaktu membeli tempat tidur, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan anda, antara lain :

  • Tipe

Ada beberapa jenis dari tempat tidur, seperti spring bed, busa, kasur air, dan kasur udara. Jenis yang paling sesuai adalah yang dapat memberikan anda kenyamanan yang maksimal.

  • Pondasi

Tempat diletakannya kasur juga merupakan bagian yang penting dalam pemilihan tempat tidur. Pondasi yang sesuai dengan kasur dapat memperlambat usia dari kasur tersebut. Jadi, antara kasur dan pondasinya harus dipilih yang sesuai. 

  • Kelembutan

Tidak sepenuhnya benar bahwa semakin lembut kasur maka semakin bagus kasur tersebut. Kasur yang terlalu lembut tidak dapat menunjang secara rata berat tubuh anda, cenderung hanya menunjang titik pada tubuh yang paling berat saat tidur, sehingga otot-otot anda malah tidak dapat beristirahat karena harus bekerja mencari posisi yang nyaman dan mempertahankannya.

  • Kenyamanan

Sewaktu membeli kasur, pastikan anda mencobanya. Cobalah keseluruhan bagian dari kasur tersebut. Jika anda tidur berpasangan, cobalah berbaring secara bersamaan. Pastikan luas tempat tidur cukup untuk berdua. Carilah kasur yang paling membuat tulang punggung anda nyaman.

  • Ketahanan

Carilah material kasur yang dapat bertahan lama. Pastikan penjual mempunyai garansi jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada tempat tidur yang akan anda beli. Tempat tidur yang bagus adalah yang dapat bertahan 8-10 tahun. Tanda-tanda bahwa anda memerlukan kasur yang baru adalah :

    • Pada saat anda bangung pagi, anda merasa lelah dan tidak nyaman atau bahkan sakit
    • Kasur anda terlihat usang atau sudah mulai berbunyi
    • Anda merasa tempat tidur anda tidak membuat anda merasa nyaman

Posisi tidur sangat mempengaruhi kualitas tidur. Posisi tidur yang paling baik adalah dalam posisi miring, dengan menggunakan bantal atau guling diantara kedua kaki anda. Jika anda tidur terlentang, pastikan anda meletakkan bantal dibawah lutut anda sehingga dapat menunjang kelengkungan alami dari tulang punggung. Tidur dalam posisi telungkup tidak baik karena dapat merubah kelengkungan alami dari tulang punggung anda, dan juga meningkatkan tekanan terhadap paru anda.

Jadi, tempat tidur yang sesuai sangat berperan penting dalam kualitas tidur anda. Dengan kualitas tidur yang baik, maka tubuh anda akan terasa sagar dalam menjalani aktifitas anda sehari-hari.

Selamat beristirahat!! [](HM)

    0 Komentar

    Belum ada komentar