Sukses

Penemuan 'Gen Penyakit Mental'

Para ilmuwan telah menemukan sebuah gen yang dapat membantu menjelaskan penyebab timbulnya penyakit-penyakit mental.

Oleh : dr. Salma Oktaria

Klikdokter.com - Para ilmuwan telah menemukan sebuah gen yang dapat membantu menjelaskan penyebab timbulnya penyakit-penyakit mental.

Sebuah tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh Universitas Edinburgh berkolaborasi dengan para peneliti dari Universitas Aberdeen, Queensland dan Carolina Utara meneliti 2000 gen pada pasien psikiatrik dan membandingkannya dengan 2000 orang sehat.

Studi yang dipublikasikan di American Journal of Human Genetics tersebut menemukan bahwa gen ABCA13 lebih sering ditemukan pada pasien dengan penyakit mental dibandingkan mereka yang tidak. Sebagian gen ABCA13 ini ternyata aktif pada pasien yang memiliki kondisi psikologis berat seperti skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi. Kuat diduga gen ini dapat meregulasikan bagian penting fungsi otak yang belum dapat dijelaskan sebelumnya.

Douglas Blackwood, profesor psikiatri genetik di Universitas Edinburgh mengatakan bahwa temuan ini merupakan langkah membahagiakan dalam memahami penyebab mendasar beberapa penyakit mental yang banyak ditemukan. Gen risiko ini dapat menjadi sebuah pertanda arah terapi yang baru untuk mengembalikan kesehatan mental pasien yang memiliki gangguan psikiatri.

Tim pun percaya bahwa gen dapat mempengaruhi cara molekul lemak digunakan dalam sel otak dan penelitian selanjutnya akan memokuskan kepada hal tersebut.[]SO

    0 Komentar

    Belum ada komentar